OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 30 Maret 2020

MUI: Dana Ibu Kota Baru Sebaiknya untuk Rakyat Ketika Lockdown

MUI: Dana Ibu Kota Baru Sebaiknya untuk Rakyat Ketika Lockdown


10Berita, Jakarta – Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas memberikan beberapa pertimbangan kepada elit negeri ini dalam menyikapi Corona. Pertama ia menekankan bahwa karantina wilayah harus segera dilakukan.
“Melakukan total lockdown diseluruh negeri dan atau local lockdown untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan pertimbangan dari para ahli,” katanya kepada Kiblat.net melalui keterangan persnya pada Ahad (29/03/2020).
Menurutnya, Pemerintah juga harus melakukan realokasi terhadap seluruh dan atau sebagian anggaran infrastruktur yang ada sekarang ini untuk dipergunakan bagi kepentingan memutus mata rantai penyebaran virus corona.
“Misalnya menunda penggunaan rencana anggaran pemindahan ibu kota untuk yang tahun 2020 ini seluruhnya dan atau sebagiannya bagi dipergunakan untuk menolong ekonomi rakyat dan memulihkan perekonomian nasional,” paparnya.
“Serta mengalihkan seluruh dan atau sebagian anggaran yang diperuntukkan bagi desa dan kelurahan bagi menolong rakyat setempat selama masa lockdown,” sambungnya.
Ia juga meminta kepada pemerintah agar memanggil para pengusaha besar dan mewajibkan mereka untuk memberikan bantuan bagi penanganan kasus corona dan mengatasi persoalan ekonomi yang dialami oleh masyarakat lapis bawah.
“Serta menindak dengan tegas siapa saja yang tidak mematuhi anjuran dan ketentuan dari pemerintah tentang lockdown ini,” pungkasnya.
Sumber: kiblat.net