OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Minggu, 17 Mei 2020

Bunda Perlu Tahu Teknik Masak Rendang 30-30-30-30, Tekstur Daging Lebih Empuk

Bunda Perlu Tahu Teknik Masak Rendang 30-30-30-30, Tekstur Daging Lebih Empuk


10Berita,Tekstur daging rendang memang tergantung selera. Ada yang suka keras, ada juga suka yang empuk. Jika Bunda suka yang empuk, intip cara 30-30-30-30 berikut.

Teknik Masak Rendang 30-30-30-30 Bikin Tekstur Daging Lebih Empuk/ Foto: Getty Images/iStockphoto/bonchan
Ketika bicara soal memasak rendang, durasi waktu masak dan mengaduk menjadi kuncinya. Namun, ketika bicara soal tekstur daging rendang yang disukai, setiap keluarga atau orang memiliki selera masing-masing.

Ada yang suka tekstur daging yang lebih keras dan bumbunya kering, ada juga yang sebaliknya. Nah, jika Bunda suka daging yang lebih empuk, ada teknik 30-30-30-30 nih yang bikin tekstur daging rendang lebih empuk.

Teknik 30-30-30-30 ini maksudnya teknik memasak dengan durasi 30 menit per tahapan. Ada empat tahapan yaitu masak daging rendang selama 30 menit, diamkan 30 menit, masak lagi 30 menit, dan diamkan lagi 30 menit. 

Seorang Bunda channel YouTube dapur Ranie Ancak mengunggah cara memasak rendang dengan menggunakan teknik ini. Berikut teknik 30-30-30-30:

1. Siapkan daging dan bumbu halus rendang, siapkan juga bumbu cemplungnya (gula merah, sereh, lengkuas, dan daun jeruk)

2. Rebus daging sapi mentah, untuk tahap yang ini sebentar saja, sampai berubah warna.

3. Kemudian tumis bumbu halus rendang. Masukkan bumbu cemplungnya juga, tumis bumbu sampai harum dan kering.

4. Kalau bumbu sudah sedikit kering masukkan daging terlebih dahulu, masukkan air mineral hingga daging terendam semua. Masukkan santan dan rebus dengan api sedang selama 30 menit.


Rendang Padang/ Foto: iStock
5. Setelah air sedikit berkurang, diaduk sesekali. Lalu matikan api, tutup rapat dan diamkan daging sapi selama 30 menit/sampai dingin.

6. Kemudian masak lagi selama 30 menit, jadi kita merebus daging dalam bumbu rendang  sebanyak dua kali. Proses pemasakan yang kedua kali, pastikan tutup panci dengan rapat. Namun, Bunda bisa sesekali mengaduknya.

7. Masukkan kaldu (sesuai selera) dan garam secukupnya lalu tutup panci kembali.

8. Jika bumbu sudah sedikit kering, matikan api, pastikan panci tertutup dengan rapat. Diamkan selama 30 menit hingga dingin. Didiamkan begini tujuannya supaya daging rendang empuk karena uap panas yang terperangkap dalam panci, Bunda.

Sumber: Haibunda.com