OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 01 Agustus 2020

Sejak Kapan Djoko Tjandra Punya Alis Tebal?

Sejak Kapan Djoko Tjandra Punya Alis Tebal?


10Berita, Jakarta: Viral di media sosial meme yang menampilkan tentang perbedaan alis milik Djoko Tjandra (Djoktjan) sebelum dan sesudah ditangkap.

Dalam meme yang beredar tersebut, nampak dua foto lama Djoktjan yang beralis tipis. Namun di bagian lain meme tersebut juga disandingkan dua buah foto Djoktjan usai ditangkap dari pelariannya di Malaysia, kemarin malam, oleh Bareskrim Polri.

Uniknya, dalam foto penangkapan itu, Djoktjan yang memakai baju oranye nampak memiliki alis yang lebih tebal jika dibandingkan dengan dua buah foto lawas milik terpidana kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) terkait hak tagih Bank Bali tersebut.


"Sejak kapan Om Djoko Tjandra punya alis tebal? #SekedarTanya," begitu petikan keterangan dalam meme tersebut, Jumat (31/7/2020).

Perlu diketahui, tahun 2009 lalu, atas kasus yang menimpanya Djoktjan divonis Mahkamah Agung (MA) hukuman dua tahun penjara dan denda Rp15 juta. Uang miliknya sebesar Rp 546 miliar di Bank Bali pun disita oleh negara.

Meski demikian, Djoktjan berhasil kabur dari Indonesia sehari sebelum vonis dengan menggunakan pesawat carteran dari Bandara Halim Perdanakusuma menuju Port Moresby.

Dia bahkan diketahui pindah kewarganegaraan ke Papua Nugini.

Namun, setelah belasan tahun menjadi buron, di tahun 2020 Djoktjan malah dilaporkan keluar masuk Indonesia dengan leluasa untuk mengurus KTP dan Peninjauan Kembali (PK) perkaranya di tanah air.

Diduga ada beberapa pejabat hukum yang terlibat dengan leluasanya Djoktjan keluar masuk Indonesia. Baik itu dari kalangan petinggi polisi, maupun kejaksaan.

Sepak terjang pelarian Djoktjan pun berakhir setelah Bareskrim Polri yang bekerja sama dengan kepolisian Malaysia meringkusnya. Kini Djoktjan tengah diperiksa intensif terkait berbagai kasus yang menimpanya.

Sumber: KBN RRI