OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 17 September 2020

Qatar Tolak Normalisasi Hubungan dengan Zionis ‘Israel’

 Qatar Tolak Normalisasi Hubungan dengan Zionis ‘Israel’



Foto: Palinfo

10Betita,QATAR – Qatar menyatakan menolak sepenuhnya normalisasi hubungan dengan zionis ‘Israel’.

Qatar menekankan bahwa proses tersebut bukanlah inti perjuangan Palestina.

Berbicara kepada Bloomberg, Senin (14/9/2020), juru bicara Kementerian Luar Negeri Qatar, Lolwah Rashid Al-Khater, mengatakan; “Kami tidak berpikir bahwa normalisasi adalah inti dari konflik ini, dan karenanya tidak bisa menjadi jawaban.”

Al-Khater menambahkan, inti dari konflik ini adalah tentang kondisi drastis yang dialami warga Palestina; sebagai orang tanpa negara, dan hidup di bawah pendudukan zionis.

Qatar memandang solusinya terletak pada penerapan Resolusi Dewan Keamanan PBB, memberikan hak sepenuhnya kepada rakyat Palestina, dan menemukan solusi yang adil untuk tujuan mereka.

Al-Khater juga menjelaskan kemajuan menuju solusi untuk krisis dengan Arab Saudi, Bahrain, dan UEA, yang memberlakukan blokade terhadap Qatar pada Juni 2017.

Pada 5 Juni 2017, Arab Saudi, UEA, Mesir, dan Bahrain memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar. Langkah ini diikuti dengan blokade darat, udara, dan laut.

Pemutusan hubungan diplomatik didasari tudingan Qatar membiayai terorisme dan memiliki kedekatan khusus dengan Iran, saingan Arab Saudi dan kawan-kawan di kawasan. (Middle East Monitor | Palinfo)

 

 

The post Qatar Tolak Normalisasi Hubungan dengan Zionis ‘Israel’ appeared first on Sahabat Al-Aqsa