OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Rabu, 01 Februari 2023

4 Manfaat Sedekah Dunia dan Akhirat

4 Manfaat Sedekah Dunia dan Akhirat



10Berita, SEDEKAH atau beramal merupakan perbuatan baik yang sangat dianjurkan dalam agama. Dengan sedekah, seorang muslim dapat mendulang pahala. Apa saja manfaat sedekah untuk seorang Muslim?

Sedekah dapat membantu meringankan beban sesama muslim, sebab sedekah merupakan bantuan yang dapat diberikan seorang muslim kepada muslim lainnya. Bentuk sedekah bisa bermacanm-macam, mulai dari perkataan yang baik, senyuman, hingga sumbangan berupa barang atau uang.

Sedekah memiliki efek yang fenomenal bagi mereka yang menerimanya. Namun bagi yang memberikannya, efeknya bisa lebih besar lagi.

Ada begitu banyak cara amal memberi manfaat kepada para pemberi amal. Setidaknya, ada empat manfaat luas dari memberi sedekah yang dapat dirasakan mempengaruhi kehidupan ini dan di akhirat.


Manfaat Sedekah: Sedekah tidak mengurangi kekayaan

Dalam hidup ini:

Ini adalah hasil yang menarik dari berdonasi. Seringkali, ketika kita membelanjakan uang, hukum persamaan matematika, yaitu pengurangan, berlaku. Tetapi dengan amal, meskipun ada negasi langsung dari keseluruhan kekayaan, selalu ada pengembalian yang tidak terduga atau bahkan peningkatan.

Pernahkah Anda mendengar seseorang yang bangkrut karena menghabiskan terlalu banyak uang untuk amal? Tentunya, ada orang yang telah memberikan sebagian besar hartanya dalam amal berkali-kali, seperti Abu Bakar, Utsman bin Affan, atau Aisya. Tetapi para dermawan besar ini selalu bangkit kembali.

Nabi ﷺ bersabda:

“Tidak ada satu hari pun di mana seorang hamba bangun bahwa dua malaikat turun (dari Surga). Salah satu dari mereka berkata, Ya Allah! Berikan kepada orang yang menghabiskan pengganti (untuk apa yang telah dia belanjakan) . Dan yang lainnya berkata, ‘Ya Allah! Berikan kepada orang yang menahan kehancuran (uangnya)!” (HR Al-Bukhari dan Muslim)


Foto: Freepik

Di akhirat:

Anda tidak bisa membawanya, seperti kata pepatah. Dan memang benar. Kita tidak akan bisa membawa kekayaan kita bersama kita ke akhirat dan itu tidak akan menguntungkan kita sedikit pun ketika kita menghadapi Tuhan kita untuk penghakiman. Tapi apa yang bisa kita bawa adalah perbuatan baik kita. Allah SWT berjanji bahwa memberi sedekah dalam hidup ini akan membuat kita kaya di akhirat.

“Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya. Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan menafkahkan (sebagian) dari hartanya memperoleh pahala yang besar.” (QS Al Hadid: 7)

Manfaat Sedekah: Sedekah adalah investasi paling cerdas

Dalam hidup ini:
Ketika kita semua melakukannya dengan lebih baik, kita semua melakukannya dengan lebih baik. Tidak ada yang mau hidup dalam masyarakat di mana ada orang yang hidup dalam kemelaratan, direduksi untuk melakukan kejahatan hanya untuk bertahan hidup. Dalam hidup ini, ketika kita berinvestasi pada mereka yang memiliki lebih sedikit dari kita, kita mengangkat masyarakat kita dan menciptakan lingkungan di mana keadilan dan harmoni sosial dimungkinkan.

Ini adalah efek dari amal ketika Muhajireen (pendatang) meninggalkan rumah mereka dengan sedikit uang untuk bermigrasi ke Madinah dan Ansar (para pembantu) membantu mereka . Berkat amal inilah, bersama-sama kaum Muhajiren dan Ansar mampu membangun masyarakat yang sukses dan sejahtera yang kita sebagai umat rasakan pengaruhnya hingga saat ini.

Di akhirat:
Orang yang memberi amal akan diberi pahala secara eksponensial. Bayangkan berinvestasi di Google pada tahun 1998. Allah menjanjikan pengembalian lebih banyak atas investasi Anda dalam amal bahkan itu. Tidak ada dividen yang lebih baik.

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS Al Baqarah: 261)


Manfaat Sedekah: Sedekah meringankan kesulitan

Dalam hidup ini:
Tidak peduli berapa banyak yang kita miliki, kita, sebagai manusia, cenderung fokus pada apa yang tidak kita miliki dan seberapa keras kita pikir kita memilikinya. Tetapi ketika kita melihat mereka yang memiliki lebih sedikit, kesulitan kita tampak kecil dan dapat dikelola. Memberi kepada mereka yang memiliki lebih sedikit dari kita bisa menjadi cara yang baik untuk mendapatkan perspektif tentang kesulitan kita.


Nabi Muhammad ﷺ berkata:

“Lihatlah mereka yang memiliki lebih sedikit dari Anda, dan jangan lihat mereka yang memiliki lebih banyak. Ini lebih tepat agar Anda tidak mengabaikan (atau meremehkan) nikmat Allah yang Anda miliki. ” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Di akhirat:
Hari Kebangkitan akan menjadi hari dimana kita akan dihadapkan pada semua perbuatan kita dan diminta untuk menjawabnya. Jika itu tidak membuat Anda takut, Anda tidak memperhatikan. Bagi banyak dari kita ini akan menjadi hari yang sangat sulit. Namun pada hari itu amal kita akan menjadi sumber kelegaan dan kemudahan bagi kita.

Manfaat Sedekah: Sedekah Jadi penebus dosa

Dalam hidup ini:
Tidak peduli bagaimana Anda mengirisnya, dalam hidup ini, reputasi kita adalah bentuk mata uang sosial. Tetapi semakin banyak dosa yang kita lakukan, semakin menurun reputasi dan kehormatan kita. Namun, amal memperbaiki harga diri kita. Bahkan figur publik yang paling tidak disukai di dunia modern kita menebus rasa hormat ketika mereka memberikan amal.

Nabi ﷺ bersabda:

“Bersedekah tidak akan mengurangi hartamu sedikitpun, dan orang yang memaafkan tidak bertambah kecuali untuk kehormatan dan tidak ada orang yang rendah hati karena Allah, kecuali bahwa Allah akan menaikkan pangkatnya.” (HR Muslim)

Di akhirat:
Kita semua membutuhkan sedikit bantuan di bidang ini. Kita adalah makhluk yang bisa salah dan dosa adalah bagian yang tak terhindarkan dari keberadaan kita, tidak peduli seberapa keras kita berusaha menghindarinya. Tetapi ada banyak cara untuk memastikan bahwa kita akan diampuni, karena amal adalah yang utama.


Foto: Pixabay

Nabi Muhammad ﷺ bersabda:

“Amal memadamkan dosa seperti air memadamkan api.” (HR Ibn Majah)

Memberi amal sulit bagi banyak dari kita karena tampaknya, pada tingkat permukaan, kita memberi kepada mereka yang tidak dapat menguntungkan kita dan uang itu akan hilang. Mungkin mereka yang kita beri amal mungkin tidak pernah berada dalam posisi untuk membalas budi, tetapi pahala kita tidak datang dari penerima amal kita. Itu berasal dari Allah SWT dan dapat terwujud dalam berbagai cara dalam kehidupan ini dan kehidupan selanjutnya jika kita memiliki niat yang benar. []

SUMBER: ABOUT ISLAM