OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 06 Februari 2023

Ini yang Harus Dilakukan Relawan Menangkan Anies Baswedan Menurut Politisi PAN Solo

Ini yang Harus Dilakukan Relawan Menangkan Anies Baswedan Menurut Politisi PAN Solo



 

10Berita - Muhammad Al Amin, teman akrab Anies Baswedan saat kuliah di UGM yang kini menjadi Anggota DPRD Kota Surakarta, membeberkan cara memenangkan Anies Baswedan di Pilpres 2024. Cara ini perlu dilakukan oleh simpul relawan.

Amin yang didaulat dewan pembina simpul relawan Anies Mania (AMAN) ini menjelaskan, Pilpres digelar pada Rabu, 14 Februari 2024. Artinya waktu tinggal satu tahun mulai dari sekarang. “Dalam waktu yang tinggal setahun ini, bagi saya relawan sangat penting dalam pemenangan capres yang diusung resmi oleh partai pengusung,” katanya kepada KBA News, Jumat, 3 Februari 2023.
 
Dewan pakar simpul relawan Anies Nasional (AN-NAS) ini mengatakan, relawan harus bergerak meningkatkan popularitas dan elektabilitas ke semua lapisan masyarakat lintas partai. “Pertama, kerja relawan memperkokoh suara Anies dari partai pengusung. Dalam hal ini Anies Baswedan sudah diusung tiga partai yakni Demokrat, NasDem, PKS,” katanya.

“Basis partai pendukung ben ora bocor. Pemilih Demokrat, PKS dan NasDem yo tetap memilih Anies. Jadi memperkuat dukungan basis tiga parpol pengusung itu,” sambung Amin.

Langkah kedua, kerja relawan apapun nama relawan, baik yang bergerak di darat dan udara harus menggarap masyarakat dari luar partai pengusung. Jika relawan hanya menggarap atau berkutat pada tiga partai Koalisi Perubahan, maka peningkatan suara untuk Anies Baswedan tidak banyak bertambah.

Aktivis simpul relawan Amanat Indonesia (ANIES) ini mengatakan, mengingat basis pendukung Anies Baswedan dari tiga partai Koalisi Perubahan itu, maka relawan harus menggarap atau memperluas basis utama Capres di luar konstituen di luar tiga partai itu.

“Kedua mempeluas jaringan basis. Piye carane pemilih di luar partai pengusung, tapi Capres pilih Anies. Dengan begitu, suara Anies Baswedan bertambah signifikan dari basis ketiga parpol pengusung,” ungkapnya.

Apa yang disampaikan ini juga dipraktekkan bersama simpul relawan Anies Mania (AMAN) yang diketahui oleh Bintang Mangkauk. “AMAN menggarap generasi muda dan non muslim. Peregrakan daratnya di wilayah Jabotabek,” ujar Dewan Pembina AMAN.

Di sisi lain, Wakil Ketua DPD PAN Kota Surakarta ini mengingatkan agar para relawan harus sadar betul mengatur ritme sebagai antisipasi ada pilpres putaran kedua. “Jangan kencang di awal. Ini kan kerja marathon. Tidak perlu sprint di awal,” katanya. 

Sumber: kbanews