OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 24 Februari 2023

Pesan Habib Salim ke Anies: Takut pada Allah, Sayang ke Rakyat

Pesan Habib Salim ke Anies: Takut pada Allah, Sayang ke Rakyat



 

10Berita - Habib Salim Segaf Al-Jufri tidak terlihat saat DPP PKS mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan sebagai calon presiden di kantor pusat partai tersebut, Jalan TB Simatupang, Jakarta, kemarin.

Meski tak terlihat, Anies sudah bertemu langsung dengan Ketua Majelis Syuro PKS itu sebelum deklarasi dukungan. Anies bertemu Habib Salim setelah tiba di Markaz Dakwah (MD) Building, sebutan gedung DPP PKS tersebut.
 
Dalam pertemuan bersama para elite partai dakwah tersebut, Habib Salim pun sempat memberikan nasihat kepada mantan Gubernur DKI Jakarta ini, seperti terlihat dari video singkat yang dibagikan akun TikTok @Dr.Rudiawan Sitorus, dikutip KBA News pagi ini.

Habib Salim yang duduk di sebelah kiri Anies menjelaskan dua sifat yang setidaknya harus dimiliki seorang pemimpin. Dia berharap kedua kriteria tersebut ada pada bacapes yang diusung Koalisi Perubahan tersebut.

“Semoga Allah anugerahkan pemimpin yang punya dua sifat saja. Ke atasnya takut dan ke bawahnya kasih sayang. Yakhofullah [takut pada Allah] wa yarhamunnas [sayang dengan manusia]. Insya Allah mudah-mudahan dua hal ini Allah berikan kepada Pak Anies,” ucapnya, yang langsung diaminkan semua.

“Bangsa ini sejak merdeka menunggu pemimpin yang yakhofullah dan yarhamunnas. Sayang sama Allah dan berkasih sayang seluruh anak bangsa. Siapa pun mereka bahkan [kepada] yang nonmuslim. Kepemimpinan yang bagus itu, semua [rakyat] mendapatkan kasih sayang. Rahmatan lil alamin,” tutupnya, yang langsung memimpin doa.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, ketidakhadiran Habib Salim saat pengumuman sikap politik PKS jelang Pilpres 2024 ini sempat menjadi pertanyaan wartawan. Mengingat posisi sentral Habib Salim sebagai Ketua Majelis Syuro yang berhak memutuskan siapa capres PKS.

Terkait absennya Habib Salim tersebut, Presiden PKS Ahmad Syaikhu menjelaskan bahwa beliau yang memimpin seluruh rangkaian Musyawarah Majelis Syuro (MMS) VIII pada hari itu juga.

Namun, untuk pengumuman dan deklarasi hasil MMS VIII tersebut, Habib Salim mengamanatkan kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS untuk melaksanakannya.

“Ini ranahnya DPP untuk beri konferensi pers dan hasil Musyawarah Majelis Syuro kepada Pak Anies. Memang beliau amanahkan, ranahnya DPP,” kata Syaikhu.

Sumber: kba