OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 07 April 2017

Pasca Tragedi Idlib, Kelompok Jihadis Suriah Alami Kemajuan di Daraa

Pasca Tragedi Idlib, Kelompok Jihadis Suriah Alami Kemajuan di Daraa


10Berita, Daraa – Tragedi di Khan Shaikhoun, Idlib memotivosi kelompok-kelompok jihadis Suriah untuk meningkatkan serangan di berbagai wilayah yang ditempati Rezim Assad. Hal itu terbukti, di lingkungan Manshiyah provinsi Daraa, mereka berhasil mengalami kemajuan pada Kamis (06/04).

Menurut laporan Orient-News yang meliput langsung di lokasi kejadian, sejumlah bangunan-bangunan strategis di lingkungan Manshiyah berhasil diambil alih. Banyak pasukan Assad yang terbunuh atau terluka setelah sebuah bom mobil mengawali serangan di wilayah itu.

“Kantor-kantor keamanan, politik, intelijen udara dan militer di lingkungan Manshiyah diambil alih oleh oposisi,” kata koresponden Orient-News.

Bentrokan intens masih berlangsung. Milisi Iran juga dilaporkan mengalami kerugian besar di dalamnya. Serangan udara rezim Assad tidak mengubah atau mengurangi intensitas serangan dari para pejuang. Saat ini mereka mengontrol lebih dari 70% lingkungan Manshiyah.

Front pertempuran Daraa kembali memanas pada 12 Februari lalu, setelah gabungan kelompok jihadis Suriah meluncurkan serangan besar di wilayah Assad tersebut. Banyak lingkungan Manshiyah dibebaskan, termasuk al-Najjar, Abu al-Raha dan toko roti al-Rahman.

Kawasan Manshiyeh adalah wilayah yang paling strategis di Daraa, terletak di daerah paling tinggi di provinsi itu. Kondisi itu memungkinkan untuk memantau setiap pergerakan di seluruh Daraa, baik yang dikontrol oposisi maupun rezim. Daerah ini juga pintu masuk menuju Daraa kota yang masih dikontrol rezim.

Reporter: Ibas Fuadi
Sumber: Orient-News, Kiblat.net