OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 23 November 2017

Diam-Diam Google Ubah Smartphone Android Jadi Alat Mata-Mata

Diam-Diam Google Ubah Smartphone Android Jadi Alat Mata-Mata

10Berita – Tahukah Anda bahwa selama ini Google ternyata diam-diam tetap mengumpulkan data lokasi smartphone Android, meski pengguna telah mematikan fitur pemantau lokasi. Data yang dikumpulkan diam-diam oleh Google itu adalah alamat atau identitas menara BTS terdekat dengan smartphone Android.

Situs Quartz menjadi yang pertama dalam mengetahui praktik Google tersebut dalam artikel terbitan Rabu (22/11). Quartz menyebut praktek ini ternyata telah dilakukan sejak awal 2017, saat Google mengubah sistem Firebase Cloud Messaging.

Jadi meski fitur Location Services di smartphone Android dinonaktifkan, sistem Android tetap mengirim data identitas BTS terdekat tadi ke server Google. Data ini mungkin tidak terlalu tinggi akurasinya.

Google memang tidak tahu apakah pemilik smartphone sedang berada di mal, kantor, atau restoran. Namun tetap saja berbahaya jika hacker bisa membobolnya.

Untuk diketahui, Cell ID berbeda dengan Location Services yang mengaktifkan GPS untuk mengidentifikasi keberadaan smartphone. Sebaliknya, Cell ID tidak bisa mengakses GPS, sehingga tidak bisa mencatat koordinat lokasi smartphone.

Google pun memberikan penjelasan. Menurut Google, hal itu dilakukan untuk meningkatkan kecepatan dan performa sistem dalam mengirim pesan ke smartphone Android.

Sumber : Eramuslim