OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 23 November 2017

Inilah Cara Menjaga Aurat Muslimah Saat Berolahraga

Inilah Cara Menjaga Aurat Muslimah Saat Berolahraga

Inilah Cara Menjaga Aurat Muslimah Saat Berolahraga
Sahabat Ummi, selain menyehatkan badan, olahraga juga dapat membuat jiwa lebih tenang dan pikiran menjadi lebih positif. Sebagai seorang Muslimah, hal-hal yang dipikirkan saat olahraga ialah pakaian dan jenis olahraganya. Terlebih lagi ketika kamu ingin berolahraga di tempat umum.
Bagaimana memilih pakaian yang menutup aurat, tapi juga memudahkan dalam berolahraga? Bagaimana pula memilih jenis olahraga yang menyehatkan, tapi tidak bertentangan dengan syariat Islam? Berikut cara-cara menjaga aurat bagi muslimah saat berolahraga:
1. Menjaga Aurat
Salah satu tugas seorang Muslimah ialah menjaga auratnya. Aurat seorang Muslimah adalah seluruh tubuh kecuali kedua telapak tangan dan wajah. Jadi saat berolahraga tetap perhatikan pakaian yang akan digunakan agar aurat tetap terjaga.
Meskipun saat ini sudah banyak muncul pakaian olahraga untuk Muslimah, masih banyak yang memperdebatkan kesyar’iannya.
Jika olahraga yang dilakukan tidak memerlukan tempat khusus, seperti jogging, kamu bisa memilih kaos berlengan panjang dan celana training yang longgar. Bahkan sekarang juga sudah banyak rok celana muslimah yang aman dan nyaman digunakan di tempat umum.
Untuk jenis olahraga yang membutuhkan tempat khusus, seperti berenang dan fitness, kamu memerlukan pakaian khusus. Pilihlah baju berenang muslimah yang longgar dan panjang saat berenang. Sedangkan saat fitness, pilihlah celana training atau celana berlonggar dan kaos berlengan panjang atau jaket yang longgar.
2. Tempat Khusus
Tempat khusus seperti yang sebelumnya disebutkan contohnya, kamu bisa memilih tempat khusus bagi wanita. Misalnya, pilihlah tempat fitness khusus muslimah atau minimal yang menyajikan hari khusus wanita dan ada instruktur wanita, begitu juga untuk tempat renang. Dengan memilih tempat dan hari khusus bagi muslimah atau wanita, kamu sudah menghindari terbukanya aurat dan percampuran antara lawan jenis yang bukan mahram..
3. Lakukan di Rumah
Selain berolahraga di tempat umum, kamu juga bisa memilih berolahraga di dalam rumah. Selain minim biaya, kamu juga bisa menghindari fitnah saat berolahraga di tempat umum. Belilah DVD atau download video aerobik atau senam yang sudah banyak beredar di youtube.
Kamu juga bisa menggunakan peralatan-peralatan di rumah, seperti kursi sebagai penopang, botol air sebagai beban untuk mengencangkan otot atau tangga sebagai alat berjalan naik-turun anak tangga. Jika malas menggunakan peralatan, kamu bisa memilih push up atau sit up sebagai alternatif.
Sahabat Ummi, lakukan olahraga yang disukai. Karena dimulai dari sukalah timbul kebiasaan. Tidak ada olahraga yang dilarang bagi Muslimah, selama olahraga itu membawa manfaat dan mematuhi ketentuan agama. Setelah 3 cara di atas dilakukan, maka tidak ada alasan lagi bagi kamu untuk tidak berolahraga. Mari, hidup sehat! (Dina Nazhifah)Sumber: Muslimah(dot)or(dot)id dan berbagai sumber