OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Minggu, 19 November 2017

Separatis OPM Sandera Warga, Legislator Desak TNI-Polri Tangkap Semua Pelaku

Separatis OPM Sandera Warga, Legislator Desak TNI-Polri Tangkap Semua Pelaku

Kelompok separatis Papua, OPM

10Berita – Legislator mendesak aparat keamanan TNI-Polri menangkap semua pelaku penyanderaan warga di Papua oleh separatis Tentara Pembebasan Nasional – Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM).

Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari mengatakan, penyanderaan atas 1.300 orang warga yang dilakukan oleh OPM di Kampung Kimbely dan Kampung Banti, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, sudah mencederai kedaulatan NKRI.

“Meskipun sandera sudah dibebaskan, tim gabungan harus menangkap dan menyeret semua pelaku ke depan hukum,” tegasnya dalam pernyataan kepada hidayatullah.com, baru-baru ini.

Baca juga: 78 Menit Kopassus Berhasil Bebaskan Sandera dari TPN-OPM, TNI Diapresiasi


Kharis menegaskan, setiap jengkal tanah NKRI harus aman dari setiap rongrongan kelompok separatis macam OPM.

“Jangan biarkan mereka kabur dan membuat kejahatan kembali di kemudian hari mencederai kedaulatan NKRI,” tegasnya.

Jumat (17/11/2017) lalu, sebanyak 13 orang dari Komando Pasukan Khusus TNI Angkatan Darat (Kopassus) dibantu pasukan Raider 751/30 bergerak cepat menguasai Kimberley. Kemudian berhasil membebaskan warga yang disandera oleh separatis TPN-OPM.

Baca: Kopassus Bebaskan Sandera dari TPN-OPM, Ketua Komisi I: Alhamdulillah


Langkah cepat aparat keamanan itu khususnya dari pihak Kopassus TNI mendapat apresiasi dari berbagai pihak termasuk DPR RI.

“Alhamdulillah, dan terima kasih kepada semua aparat yang bekerja siang-malam dalam operasi TNI-Polri yang  sudah berhasil selamatkan sandera sebanyak 344 orang dimana 23 di antaranya anak-anak,” ujar Kharis.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Sumber : Hidayatullah.com