OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 29 Desember 2017

Cukup Dilakukan 1 Jam Sehari, Tapi Bisa Bikin Kita Jadi Miliarder

Cukup Dilakukan 1 Jam Sehari, Tapi Bisa Bikin Kita Jadi Miliarder


10Berita, Merasa bosan dengan hidup yang stagnan karena tidak mengalami perubahan nasib meski sudah merasa bekerja keras? Mungkin sudah waktunya untuk introspeksi diri.

Coba perhatikan kebiasaan kita sehari-hari, apakah ada hal yang salah atau berbeda dengan mereka yang cenderung berhasil merengkuh pencapaian-pencapaian tertentu. Sebenarnya, kebiasaan punya peran penting dalam kesuksesan.

Tidak percatya, coba terapkan kebiasaan 1 jam sehari atau 5 jam seminggu yang dilakukan oleh orang terkaya dunia seperti BIll Gates, Oprah WInfrey, hingga Mark Zuckerberg. Aturan-aturan ini nyatanya bisa mengubah nasib seseorang lho!

Membaca
Membaca merupakan aktivitas yang menjadi kebiasaan banyak miliarder dunia. Karena, membaca merupakan cara termudah untuk mempelajari sesuatu.

Seorang Bill Gates juga membiasakan diri untuk membaca setidaknya 1 jam per hari. Manusia terkaya di dunia ini pun dapat menuntaskan 50 buku setiap tahunnya. Tentu bukan hal yang aneh kalau pendiri Microsoft tersebut memiliki pengetahuan yang luas.

Tidak hanya sekedar membaca buku, di zaman yang canggih ini kalian juga dapat membaca jurnal, e-book, hingga artikel-artikel bermanfaat di internet.

Merenung, Mencari Ide dan Solusi
CEO dari AOL, Tim Armstrong ternyata selalu mewajibkan timnya untuk menghabiskan setidaknya 4-5 jam per minggunya hanya untuk berpikir dan mencari ide segar atau solusi sebuah masalah dengan berdiskusi.

Lewat ngobrol santai seputar bisnis hingga diskusi mendalam, banyak ide dan solusi yang bisa bermunculan. Sehingga apabila hal ini dilakukan secara rutin, dapat membuat pikiran jadi lebih segar serta bisa memicu produktifitas seseorang.

Bereksperimen
Eksperimen merupakan salah satu pilar penting jika kalian menginginkan perkembangan dalam hidup. Cobalah untuk meluangkan waktu setidaknya 5 jam per minggu untuk menguji teori atau ide-ide tertentu yang dimiliki, tidak peduli seberapa gila ide dan teori tersebut.

Karena tahukah kalian bahwa ternyata banyak produk-produk terkenal di dunia yang hadir dari hasil sebuah eksperimen? Perlu disadari, inovasi dan kreativitas tidak datang dari melakukan satu hal yang itu-itu saja loh!

Kalaupun eksperiman yang dilakukan gagal, kalian bisa mempelajari sesuatu lewat kegagalan tersebut dan dapat dijadikan bahan evaluasi ke depannya.

Catatan Penting
Dalam menjalankan aturan 1 jam sehari atau 5 jam seminggu ini, ada hal yang perlu diperhatikan. Salah satu yang paling penting adalah kalian harus fokus terhadap perkembangan bukan hanya sekedar produktivitas saja.

Lebih baik berkembang secara perlahan, dibanding memiliki tingkat produktivitas yang tinggi namun tidak mengalami perkembangan sama sekali.

Ingat dengan kisah Mark Zuckerberg yang rela meninggalkan kuliahnya untuk mengembangkan Facebook? Padahal pada saat itu dirinya bisa saja meneruskan kuliah di Harvard, lulus, lalu bekerja di perusahaan besar.

Namun, dirinya lebih memilih mengembangkan Facebook yang merupakan hasil karya serta refleksi dari kemampuannya di bidang teknologi digital. Hasilnya? Sudah tidak perlu ditanyakan lagi deh, seberapa sukses seorang Mark Zuckerberg sekarang.

Hal ini memang akan terasa cukup sulit atau bahkan sedikit membingungkan pada awalnya, tetapi dengan fokus terhadap perkembangan diri bukan hanya tingkat produktivitas saja, maka di waktu yang tepat kalian akan mendapatkan kesuksesan yang selama ini didambakan.

Sumber: cekaja.com