OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 19 Januari 2018

Inggris Sekarang Punya Menteri Kesepian

Inggris Sekarang Punya Menteri Kesepian



10Berita—Kedengarannya seperti cerita novel, tetapi Inggris sekarang mempunyai menteri untuk mengurus masalah kesepian yang dialami rakyatnya.
Hari Rabu (17/1/2018) pemerintah menunjuk Tracey Crouch sebagai menteri, setelah hasil riset menunjukkan 1 dari 10 orang Inggris “selalu atau sering” merasa kesepian, dan ratusan ribu manula tidak berbicara dengan seorang pun teman atau kerabat sejak satu bulan silam.
Crouch, yang nama jabatan resminya menteri olah raga dan masyarakat sipil, mengemban tugas untuk menyusun strategi nasional guna menanggulangi isolasi di kalangan semua kelompok usia, serta mencari jalan untuk mengukur tingkat keterasingan dalam statistik resmi.
“Kami tahu ada dampak nyata dari isolasi sosial dan rasa kesepian terhadap kehidupan masyarakat, kesehatan fisik dan mental mereka, serta aspek-aspek sosial lain. Kami ingin mengatasi tantangan ini,” kata Crouch seperti dilansir Euronews.
Peran kementerian itu merupakan rekomendasi utama dari komisi yang dibentuk tahun 2017 untuk mengenang Jo Cox, seorang politisi dan ibu dua orang anak yang dibunuh di jalanan oleh seorang teroris neo-Nazi pada tahun 2016.
“Jo Cox mengetahui adanya masalah kesepian di seluruh penjuru negeri ini dan mendedikasikan dirinya untuk melakukan semua hal yang dia bisa guna membantu mereka yang mengalaminya,” kata Perdana Menteri Inggris Theresa May.
Namun, muncul kritik dari masyarakat tentang kementerian itu. Sebagian pengguna media sosial menuding adanya keterkaitan antara rasa kesepian yang melanda warga dengan pemangkasan pelayanan publik yang disediakan pemerintah, seperti perpustakaan, penitipan anak balita dan aula-aula pertemuan masyarakat.*
Sumber : Hidayatullah.com