OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 05 Januari 2018

Inilah Buah yang Murah Tapi Kaya akan Vitamin

Inilah Buah yang Murah Tapi Kaya akan Vitamin

 

10Berita, Dalam upaya memberikan dan memenuhi asupan vitamin serta kebutuhan nutrisi bagi tubuh, kita tidak perlu repot membeli bahan-bahan makanan yang terbilang mahal. Mengonsumsi buah-buahan merupakan salah satu upaya untuk menjaga kesehatan tubuh serta memberikan asupan vitamin dan nutrisi. Banyak buah-buahan yang mudah ditemukan di pasar dengan harga yang sangat terjangkau. Berikut buah-buahan tersebut.

1. Jeruk

Buah segar yang satu ini memiliki banyak kandungan vitamin C, protein, kalori serta kandungan serat tinggi lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, jeruk juga mengandung gizi dan mineral yang sangat baik bagi tubuh. Tentunya buah jeruk ini sangat mudah ditemukan dengan harga yang ekonomis.

2. Apel

Tahukah bahwa apel adalah satu buah yang memiliki kandungan lengkap. Buah yang juga sering kita umpai ini, mengandung vit A, B1, B2, B3, B5, B6, dan vitamin C. selain itu, buah apel juga mengandung berbagai mineral yang tentunya dibutuhkan tubuh seperti kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc. Buah yang kaya akan antioksidan ini dapat mengurangi resiko terkena kanker paru-paru, kanker usus besar, dan kanker prostat. Bukan hanya itu, kandungan serat dalam buah yang juga ekonomis ini mampu mencegah penyakit jantung, mengontrol berat badan, dan menurunkan kolesterol.

3. Papaya

Nah, buah yang juga banyak ditemukan ini kaya akan kandungan zat betakaroten yang dapat digunakan tubuh nutuk membuat vitamin A. Bukan itu saja, papaya juga mengandung zeasantin, yakni senyawa antioksidan yang berguna melindungi mata dari kerusakan akibat ultraviolet. Buah dengan harga ekonomis ini juga menyimpan nutrisi lainnya yang penting bagi tubuh. Seperti, kolin untuk kesehatan syaraf, vitamin C untuk kekebalan tubuh, kalium untuk pembulu darah dan otot, serta baik untuk pencernaan dalam membantu untuk mencegah dan mengatasi sembelit.

4. Pisang

Pisang merupakan buah yang sangat sering dikonsumsi masyarakat Indonesia karena mudah ditemukan di manapun. Buah pisang memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi pisang juga mampu mencegah berbagai penyakit seperti, kanker, asma, tekanan darah, dan jantung. Buah ini juga mampu menjaga kesehatan mata, membantu sistem pencernaan, melancarkan sistem peredaran darah, serta menyehatkan otak. Mengonsumsi pisang juga baik bagi ibu hamil kerena mengandung kalori, karbohidrat, protein, prebiotik, pektin, vitamin dan mineral.

5. Tomat

Tentu tidak asing dengan buah yang satu ini. Ya buah tomat, buah yang juga masuk ke dalam bahan-bahan sayuran ini memiliki kandungan vitamin yang sangat baik loh bagi kesehatan tubuh. Tomat mengandung kaya akan betakaroten, vitamin C, kalium, dan beberapa mineral. Kandungan di dalam tomat yang sangat penting dan bermanfaat bagi tubuh adalah licopene. Licopene merupakan senyawa yang diyakini para ahli kesehatan dapat mencegah kanker prostat pada pria.

6. Mangga

Mangga memiliki manfaat untuk mencegah penyakit diabetes, dan sebagai perawatan kulit berupa masker wajah. Selain itu, kandungan beta-karoten pada buah mangga mampu membantu mencegah kanker prostat. Bukan hanya itu, ekstrak polifenol pada buah mangga juga bagus untuk melawan berbagai jenis kanker seperti, kanker payudara, usus, prostat, dan leukimia. Kandungan vitamin A dan vitamin C pada mangga juga baik untuk pertumbuhan jaringan kulit kepala dan struktur rambut Anda. Buah ini juga memiliki kadar serat yang tinggi sehingga berperan dalam melancarkaan pencernaan. Serta mencegah sembelit dan penyakit pencernaan lainnya. (Fikriah NurJannah)

Sumber : manfaat-kesehatan(dot)com dan berbagai sumber, Ummi online

Ilustrasi: Google