OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 16 Februari 2018

5 Manfaat Mengonsumsi Jus Lidah Buaya Setiap Hari

5 Manfaat Mengonsumsi Jus Lidah Buaya Setiap Hari


10Berita,Tahukah bahwa dengan meminum jus lidah buaya, sama dengan merawat kesehatan jantung juga memberi tubuh hidrasi ekstra?

Sebenarnya meminum jus lidah buaya telah menjadi tren, tapi sudahkah Sahabat Ummi mencobanya? Dan apakah alasan mengonsumsinya? Karena sudah tahu berbagai macam manfaatnya atau hanya mengikuti tren semata? Apapun itu, sudah seharusnya kita tahu bahwa hal itu memang sangat bermanfaat.Mungkin banyak yang sudah tahu bahwa lidah buaya kaya akan vitamin, mudah diserap karbohidrat, antioksidan, mineral, enzim dan asam amino yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh.Lidah buaya juga memiliki rasa netral sehingga tidak masalah jika ingin mengombinasikannya dengan apapun yang diinginkan. Untuk dapat menikmati atau mencoba jus lidah buaya, bisa memilih antara membeli atau membuatnya sendiri. Sebab sudah banyak di pasaran jus lidah buaya tersebut. Tapi sebaiknya sih lakukan yang kedua untuk memastikan bahwa itu benar-benar alami. 

Lagian nggak susah kok bikinnya. Tinggal kita kupas kulitnya, nanti akan menemukan gel bening di dalamnya. Gel itu adalah salah satu yang harus diekstrak dan simpan di botol kaca untuk didinginkan atau dikonsumsi langsung. 

Terus, apa sih manfaat dari mengonsumsi lidah buaya? Berikut penjelasannya:

1. Memperbaiki gangguan pencernaan
Jus lidah buaya meningkatkan dan memperkuat fungsi sistem pencernaan yang menjamin kesehatan umum yang baik. Lidah buaya memiliki efek anti-inflamasi dan pencahar karena mampu membersihkan dan memperbaiki saluran pencernaan, mengatur kinerja hati, mengurangi iritasi pada perut, mengurangi gangguan pada usus, mengatasi sembelit, dan lainnya.2. Menghidrasi
Manfaat lain dari lidah buaya berkaitan dengan kandungan airnya yang tinggi. Hal ini sempurna untuk mencegah atau mengobati masalah dehidrasi pada tubuh.Kita perlu mengingat bahwa tetap terhidrasi membantu tubuh mendetoksifikasi dengan membersihkan kotoran tanpa risiko terhadap kesehatan. Organ yang paling diuntungkan dari hal ini adalah ginjal dan hati, karena mereka bertanggungjawab untuk mendetoksifikasi darah dan menghasilkan urine.Bagi yang memiliki rutinitas berlebihan,sebaiknya mengonsumsi jus lidah buaya setelah berolahraga. Sebab tubuh membutuhkan lebih banyak cairan untuk melepaskan asam laktat yang telah terakumulasi. Caranya bisa dengan mencoba menambahkan dua sendok makan jus lidah buaya ke botol air dan pastikan meminumnya disela-sela beraktivitas tersebut dan satu jam setelahnya.3. Mengatasi sembelit
Apakah Sahabat Ummi memiliki masalah sembelit? Saat sedang sembelit akan terasa tidak nyaman karena membuat tubuh seolah lebih berat dan perut terlihat besar dari seharusnya. Salah satu manfaat mengonsumsi jus lidah buaya adalah meningkatkan kadar air usus sehingga usus mampu bekerja dengan baik.Oya, sebaiknya hindari terlalu banyak makanan olahan dan lemak untuk beberapa waktu. Sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya serat, buah dan sayuran agar sembelit tidak terus terjadi.4. Menyehatkan kulit
Organ tubuh yang akan merasakan manfaat langsung menggunakan jus lidah buaya tentunya adalah kulit. Hidrasi yang diberikan oleh lidah buaya mampu mengurangi kemunculan dan frekuensi jerawat. Lidah buaya juga dapat membantu mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh psoriasis dan dermatitis, dua kondisi yang cenderung menimbulkan rasa gatal. Jadi jika Sahabat Ummi memiliki masalah kulit, coba oleskan gel lidah buaya tersebut ke kulit yang bermasalah.Lidah buaya juga memberi antioksidan dan vitamin yang bermanfaat melindungi kulit dari efek sinar UV dan keriput. Makanya nih, sebaiknya selain meminum jus lidah buaya, gunakan juga sedikit krim untuk melembabkan kulit. Dengan cara ini Anda akan melawan masalah kulit dari dalam dan luar.

5. Memperbaiki kesehatan jantung

Minum jus lidah buaya juga mampu melancarkan sirkulasi darah dan menjaga kesehatan jantung lho. Karena dapat menurunkan kadar lemak, kolesterol tinggi pun menjadi lebih mudah dikendalikan. 

Jadi tidak hanya mengurangi risiko menghalangi arteri yang disebabkan oleh pembekuan darah, tetapi juga timbunan lemak.

 Bagi penderita diabetes, menjaga kolesterol pada tingkat optimal akan memudahkan perawatannya.Selain lima manfaat di atas, jus lidah buaya juga meminimalkan kadar glukosa darah, sesuatu yang harus diperhatikan untuk menghindari komplikasi parah.

Jadi, setelah tahu berbagai macam manfaatnya, masih ragu untuk mengonsumsi jus lidah buaya?

Sumber :Ummi Online