OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 24 Februari 2018

7 Sikap Positif Elon Musk yang Patut Ditiru

7 Sikap Positif Elon Musk yang Patut Ditiru

10BeritaJAKARTA - Sosok Elon Musk pasti tidak asing lagi di telinga entrepreneur. Elon Musk dinobatkan menjadi seorang miliarder yang sukses sebagai pebisnis, penemu, dan industrialis. Hal ini dibuktikan dengan berdirinya bisnis-bisnis karena peranannya, seperti Tesla dan SpaceX.

Sosok Elon Musk memang sangat dikagumi, tapi dirinya sedikit eksentrik dan kontroversial. Mimpi-mimpi gila Elon Musk berhasil menggemparkan dunia. Bahkan, banyak yang menganggap dirinya sudah gila akibat khayalan tingkat tinggi yang sering ia lontarkan.

BERITA TERKAIT +

Namun, hal tersebut tidak mematahkan semangatnya untuk berkarya sampai ia dinobatkan menjadi seorang miliarder. Ingin seperti Elon Musk? Anda harus meniru 7 sikap positif Elon Musk berikut ini.

1. Memanfaatkan Ide-Ide Brilian

Setiap manusia memiliki ide yang cukup brilian dalam kepalanya. Hanya, ide tersebut sering dipendam bukan dimunculkan ke permukaan. Hal ini tidak berlaku dalam kamus Elon Musk. Ide-ide brilian yang dimiliki langsung ia ungkapkan. Tak heran jika dirinya dianggap gila.

Elon berpendapat kalau ide tersebut akan membuahkan hasil manis jika diikuti dengan tindakan nyata, bukan dipendam. Lagi pula, ide hanyalah sebuah ide tanpa realisasi. Diterima atau ditolaknya ide tersebut menjadi urusan kedua. Yang paling penting Anda mampu mengungkapkan ide tersebut di depan umum.

2. Selalu Berinovasi

Ide-ide brilian yang dimiliki Elon Musk tidak dibiarkan begitu saja. Ia sering meluangkan waktunya untuk mengembangkan ide brilian tersebut menjadi lebih brilian lagi. Inovasi yang dilakukannya pada ide tersebut sukses menghantarkannya menjadi seorang miliarder.

Dalam berinovasi, Elon sering mengalami hambatan. Namun, ia berhasil mengatasi hambatan tersebut dan terus melangkah maju.

3. Tidak Pernah Puas

Elon Musk tidak pernah berpuas diri atas apa yang sudah dicapainya. Setelah sukses dengan perusahaan Tesla, ia berencana untuk menciptakan sebuah roket ke luar angkasa. Sikap tidak pernah puas ini sudah melekat dalam diri Elon sejak ia berusia 17 tahun. Dirinya berhasil lulus dengan menyandang dua bidang ilmu sekaligus, padahal dirinya telah sukses bersama Blastar.

4. Pantang Menyerah

Berbagai kritikan pedas dilemparkan kepada sosok Elon Musk ketika ia gagal membuat sesuatu. Namun, apa yang ia lakukan? Ia tidak peduli dengan semua kritikan tersebut. Kegagalan demi kegagalan yang didapatkan dijadikan sebagai pelajaran berharga dalam hidup.

Elon tidak pernah putus asa ketika gagal membuat sesuatu. Sebaliknya, ia semakin bersemangat. Rasa penasaran dalam dirinya terlalu besar sehingga berhasil mengalahkan rasa cemas atas kegagalan. Hingga pada akhirnya sosok Elon semakin mendunia, terutama pada era millenial seperti sekarang.

5. Mengedepankan Kualitas

Kualitas menjadi nomor satu dalam berbisnis. Produk tanpa dibarengi kualitas yang bagus akan ditinggalkan masyarakat. Hal ini disadari betul oleh Elon Musk. Mobil listrik yang berhasil ia ciptakan benar-benar mengedepankan kualitas.

Apabila sebuah produk berkualitas, pembeli juga tidak akan keberatan untuk mengeluarkan uang lebih. Satu hal yang perlu diingat. Jangan pernah mengorbankan kualitas demi menekan biaya produksi karena hal ini akan membuat produk yang dihasilkan kalah bersaing dengan produk lainnya.

6. Berkontribusi dengan Karyawan

Label miliarder yang disandang Elon Musk tidak membuat dirinya sombong. Dalam bekerja, Elon sering berkontribusi langsung dengan para karyawan di kantor. Ia tidak sungkan-sungkan untuk menghampiri karyawan di meja kerja, bahkan menghubungi karyawan untuk menyelesaikan misi perusahaan.

Elon percaya, dirinya tidak akan sukses tanpa bantuan para karyawan. Karena itu, Elon selalu menjaga hubungan baik dengan para karyawan meskipun ia berstatus sebagai bos.

7. Visioner

Kekayaan bersih Elon Musk kini mencapai US$20,4 miliar. Kekayaan ini berhasil ia kumpulkan berkat suksesnya perusahaan Tesla dan bisnis lainnya. Meskipun jumlah kekayaan Elon Musk tidak akan habis hingga tujuh keturunan, ia tetap memiliki rencana masa depan yang menakjubkan. Keuntungan yang ia dapatkan rencananya akan disisihkan demi mewujudkan impiannya.

Tetap Semangat Mencapai Kesuksesan

Semua pebisnis mengalami kegagalan, termasuk Elon Musk. Namun, ia tetap semangat dengan visi dan ide brilian yang dimiliki. Menyerah atau menghadapi kenyataan, semua keputusan ada di tangan Anda. Jika Anda ingin menyaingi sosok Elon Musk, miliki sikap-sikap positif di atas. Tanamkan sikap semangat demi mencapai kesuksesan seperti yang berhasil dilakukan Elon Musk.

(ris)

Sumber : okezone