OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 09 April 2018

Ketika PDIP Sebut Jokowi Seprti Umar, Maka Sayyidina Umar bin Khattab Itu Seperti Ini

Ketika PDIP Sebut Jokowi Seprti Umar, Maka Sayyidina Umar bin Khattab Itu Seperti Ini


10Berita, Sayyidina Umar Ibn Khattab itu :

1. Marah jika islam, al qur’an, Allaah & Rasulullah dihina.

2. Sayyidina Umar Ibn Khattab pernah berkata “jika rakyatku kenyang, maka biarlah aku orang terakhir yang merasakan kenyang. Namun jika rakyatku kelaparan, aku lah orang pertama yang harus merasakan lapar”.

3. Sayyidina Umar Ibn Khattab itu pernah memanggul sendiri makanan untuk diberikan kpd janda tua miskin yang sedang memasak air untk mengelabui anaknya yang kelaparan sampai si anak tertidur krn lelah menangis & beliau sendiri yg memasakkan untk wanita janda tsb. Shahabat yang mengawal beliau berkata ” ya amirul mukminin, biarlah aku yang membantumu menggotong sekarung gandum ini”. Tapi jawab beliau “apa kamu sanggup memikul beban dosaku di akhirat nanti? Biar lah aku yang menggotong sendiri gandum ini”.

4. Pernah suatu kali, saat pembagian harta zakat, putri beliau yg bernama Hafshah (yg merupakan salah 1 istri Rasulullah) berkata pada beliau. ” ayah, kita lah duluan mengambil pembagian zakat tersebut. Nanti baru dibagikan kepada rakyat “. Mendengar itu, beliau langsung marah. Lalu beliau berkata ” kau ingin jatah ini?? Bagianmu nanti belakangan, KALAU ADA SISANYA”. Artinya beliau tak mementingkan diri beliau ataupun keluarga beliau.

5. Pernah beliau memarahi putra beliau Abdullah bin Umar karena sang putra memiliki sapi yang gemuk2. Lalu menyuruh menjual sapi2 tsb & menyuruh putra’a mengambil modal pembelian sapi, sedang keuntungan’a disuruh masukkan ke baitul maal.

6. Ketika beliau bermain ke rmh putra beliau Abdullah bin Umar, beliau melihat putra beliau makan roti yang enak, beliau langsung marah.

6. Ketika ada seorang yahudi melapor atas penggusuran tanah yang dilakukan gubernur mesir, ‘Amar bin ‘Ash, beliau membela si yahudi & mengancam tindakan ‘Amar bin ‘Ash.

7. Beliau 1-1nya amirul mukminin yang meninggal karena memiliki hutang untuk menghidupi keluarganya. Bayangkan! Seorang amirul mukminin punya hutang untuk menghidupi keluarganya. Pdhal kas baitul maal ada di tangan beliau. Tapi beliau tidak gunakan posisi beliau yg sbg pemimpin untuk mengambil uang dr baitul maal.

8. Pernah ada shahabat yang mengusulkan pd salah 1 putri beliau, agar gaji beliau ditambahkan. Yang terjadi, beliau marah besar & memarahi putrinya.

9. Sayyidina Umar Ibn Khattab ketika pertama kali diangkat mjd khalifah, pidato pertama beliau yang sampai skrg menjadi catatan sejarah

“Hai orang banyak semuanya
Aku diangkat mengepalai kalian
Dan aku bukanlah yang terbaik diantara kalian
Jika aku membuat kebaikan
Maka dukunglah aku
Jika aku membuat kejelekan
Maka luruskanlah aku
Kebenaran itu suatu amanat
Dan kebohongan itu suatu khianat
Yang terlemah diantara kalian aku anggap yang terkuat sampai aku mengambil dan memulangkan haknya.
Yang terkuat diantara kalian aku anggap yang terlemah sampai aku mengambil hak si lemah dari tangannya.
Janganlah seorangpun diantara kalian meninggalkan jihad
Kaum yang meninggalkan jihad akan ditimpakan kehinaan oleh Allah
Patuhilah aku selama aku mematuhi Allah dan Rasul-Nya.
Bila aku mendurhakai Allah dan Rasul-Nya tidak ada kewajiban patuh kepadaku
Kini marilah kita melakukan sholat
Semoga Allah melimpahkan rahmat kepada kalian”

Masih banyak kisah2 teladan tentang beliau yang tak sanggup sy ceritakan smua.

itulah Sayyidina Umar Ibn Khattab RadhiAllahuanhu

Sumber: beritaterkinionline