OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 20 April 2018

Masih Ingat Laut Natuna? Ternyata Begini Kekuatan Militer Indonesia Disana

Masih Ingat Laut Natuna? Ternyata Begini Kekuatan Militer Indonesia Disana

fifaberita.com/wp-content/uploads/2017/09/China-Menuntut-Indonesia-Untuk-Membatalkan-Penamaan-Laut-Natuna-Utara.jpg

10Berita, Masih ingatkah tentang isu natuna? Indonesia memiliki kepulauan yang jauh dari pandangan mata, bahkan nyaris jauh dari indonesia, laut natuna terdapat di perairan yang terbentang dari pulau natuna sampai pulau lingga dan masuk bagian Provinsi Riau.

Untuk perbatasan dari kepulauan natuna, disebelah tenggara bersebelahan di selat karimata dan dari barat dengan selat singapura, pulau terluar indonesia tersebut juga letaknya sangat dekat dengan malaysia, Singapura dan bahkan Vietnam.

https://roda2blog.com

Kekayaan pulau natuna sangat luar biasa, karena memiliki keindahan alam yang bisa menarik wisatawan, laut yang sangat bersahabat untuk dijadikan snorkeling dan driving merupakan kekayaan tambhan yang ada di natuna.

Di natuna kebanyakan penduduk disana menggantungkan hidupnya dengan bekerja sebagai nelayan, namun disini nelayan sangat makmur karena berbeda dengan laut indonesia pada umumnya karena di natuna terdapat kekayaan alam ikan yang tidak dimiliki laut lain, misalnya saja terdapat ikan Napoleon yang hanya satu satunya di dunia.

https://www.wsj.com

Karena natuna merupakan wilayah yang sangat kaya akan kekayaan laut yang sangat melimpah, maka sudah sepatutnya kekuatan militer disana di perkuat, di sana juga sangat sering dimasuki oleh kapal kapal asing untuk sekedar lewat dan lain sebagainya, di sana juga bersebelahan dengan laut cina selatan dan selalu di jaga oleh china.

https://www.jalurmiliter.com

Keadaan geografis natuna tersebut tidak bisa di anggap enteng, selain berada di paling luar indonesia juga memiliki kekayaan alam yang sangat besar, namun bukan berarti kita sebagai bangsa ingin mencari musuh, tidak. Akan tetapi warga disana juga perlu mendapatkan perlindungan serta antisipasi yang baik.

Dan respon pemerintah juga tidak main-main untuk kepulauan natuna, disana sudah di bangun pangkalan militer secara besar besaran yang menunjukan kekuatan NKRI yang sangat sangar, dan pembangunan tersebut pun juga memakan anggaran mencapai ratusan milyar rupiah. Bahkan indonesia telah memberikan julukan dari pulau natuna yakni Laut Natuna Selatan.

Sedangkan untuk kabar militer dinusantara, di kabarkan Angkatan Laut Indonesia telah mengerahkan kapal perang di natuna sebanyak 7 Armada.

Sudah sepatutnya natuna sebagai kawasan dengan kekuatan militer yang kuat karena perlu disadari bahwa kepulauan di luar tersebut juga sebagai lambang keperkasaan dengan negara negara tetangga yang ingin menggangu.

kaltim.tribunnews.com

Sedangkan untuk pangkalan udara Supadio di Kalimantan Barat juga telah dikuatkan sebagai PPRC (Pasukan Pemukul Reaksi Cepat),di sana juga di perkuat dengan pangkalan AL di Pontianak untuk siap siaga sebagai kekuatan Natuna.

merdeka.com/i/w/news/2014/11/05/454077/670x335/setelah-sukhoi-giliran-armada-tni-al-sergap-5-kapal-asing.jpg

Untuk tahun ini 2018, natuna di harapkan menjadi hilir mudik alutsista kebanggaan indonesia, secara bergantian angkatan laut dan udara terus melakukan patrol, tak main main dengan berbekal sukhoi langit langit menuju natuna sangat di lindungi.

Sedangkan untuk wilayah laut sudah di lindungi oleh AL dengan KRI kombatan, Ahmad Yani class, Diponegoro class, Bung Tomo class, Martadinata class, dan tentu saja kapal selam, ditargetkan tahun di tahun 2018 sudah ada 5 kapal selam di Natuna, dengan jenis Changbogo class dan Kilo class.

www.militerhankam.com

Untuk wilayah daratan Natuna sudah di perkuat oleh 1 brigade kombatan yang terdiri dari beberapa bagian yakni bataliyon raider, batalyon arhanud, skuadron penerbad, batalyon mariner, batalyon paskhas yang masing masin satu. Di sana AD juga telah dibekali oleh alutsista seperti Oerlikon Skyshield, Pantsir-S1, AH-64E Apache, Mi-35P, MLRS Astross II, UAV dan masih banyak yang lainya.

TNI selalu berpatroli untuk Natuna buka semata mata mencari musuh atau melawan negara lain, namun untuk menunjukan kekuatan militer indonesia.

Referensi :

Www.goodnewsfromindonesia.id/2017/08/20/laut-natuna-salah-satu-bukti-kekuatan-militer-ri-yang-semakin-membara