OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Selasa, 10 April 2018

Pimpinan STIE Ahmad Dahlan Protes Keras Kampusnya Dimintai Data Dosen

Pimpinan STIE Ahmad Dahlan Protes Keras Kampusnya Dimintai Data Dosen

10Berita , Jakarta – Pimpinan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ahmad Dahlan (STIEAD) Tangerang memprotes tindakan Polisi dan TNI yang meminta data khatib dan dosen di kampusnya. Kegiatan tersebut dinilai meruntuhkan kultur kebebasan akademik.

“Ini kan kampus, kok sampai tentara maupun polisi masuk ke wilayah kampus yang punya kultur kebebasan akademik. Ini kok mirip-mirip jaman lampau yang rezim militerialistik, otoritarian. Itu menjadi pertanyaan,” kata Mukhaer Pakkana saat dihubungi Kiblat.net pada Senin (09/04/2018).

Mukhaer menilai bahwa tindakan tersebut tidak lazim. Sebab, jika pendataan dilakukan kepada masyarakat umum tentu tidak masalah. Namun, pendataan ini di kampus.

“Dan mereka juga kok nggak tahu ini Kampus Muhammadiyah yang punya jejaring lebih luas, tentu sekali sentak isu itu akan mengalir ke mana-mana,” tuturnya.

Mukhaer juga menyebutkan bahwa ia mendapat informasi, jika banyak khatib yang didatangi pihak keamanan setelah berkhutbah. Menurutnya, para khatib itu kemudian diminta tanda tangan.

“Dan saya akhirnya semakin kuat dugaan saya ada perintah. Tapi kemungkinan tidak akan menyebutkan ada perintah,” tukasnya.

Sumber : Kiblat.