OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 12 Mei 2018

#2019GantiPresiden Jungkalkan #Jokowi2Periode, Skornya Sadis!

#2019GantiPresiden Jungkalkan #Jokowi2Periode, Skornya Sadis!

10Berita, Viralnya hastag #2019GantiPresiden ditanggapi pendukung Jokowi dengan hastag tandingan, #Jokowi2Periode. Maka perang hastagpun pecahlah!

2Periode (Sumber: panjinasional.net)

Masing-masing hastag mempunyai basis masa yang tidak sedikit. Untuk menjajaki animo netizen terhadap dua hastag terhits di media sosial saat ini tersebut, viva.co.id (13/4) menggelar polling di twitter.

Ganti (Sumber: ngelmu.co)

Hasilnya ternyata cukup mengejutkan. Hastag #Jokowi2Periode kalah telak oleh #2019GantiPresiden. Cukup jauh, 25 persen berbanding 75 persen.

Polling (Sumber: viva.co.id)

Polling diikuti oleh 35.607 pemilih. Disukai 2.203 netizen dan di retweet sebanyak 5.634 kali.

Sebuah ancaman untuk pendukung Jokowi? Bisa jadi.

Tetapi jika anda pendukung Jokowi, jangan terlalu galau. Karena polling itu hanya dilakukan dalam waktu sekitar 24 Jam, dari tanggal 12 sampai dengan 13 April 2018. Jadi mungkin belum menyentuh semua netizen.

Yang kedua, polling hanya dilakukan di internet. Jadi masih banyak suara real yang tidak terjangkau oleh polling itu, misalnya pada masyarakat pedesaan atau generasi jaman old.

Pedesaan (Sumber: garisdua.com)

Dan yang terakhir polling itu tidak menggunakan metode ilmiah. Hanya menjajaki, tanpa langkah-langkah untuk menguji kevalidan, juga tidak menampilkan tingkat kepercayaan seperti lembaga survei yang resmi.

Meski demikian, kubu Jokowi juga tak boleh lengah. fakta elektabilitas yang kurang dari 50 persen berarti menempatkannya pada posisi yang belum nyaman.

Hasil ini bisa dijadikan lecutan untuk waspada bahwa #2019GantiPresiden bisa jadi kuda hitam yang memporahporandakan semua keunggulan Sang Petahana...I]

Sumber :UC News