OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 28 Mei 2018

6 Menu Sahur Ini Bikin Kamu Kuat Puasa Seharian

6 Menu Sahur Ini Bikin Kamu Kuat Puasa Seharian

10Berita, Saat berpuasa, lemas dan lapar di siang hari terjadi karena kadar gula darah dalam tubuh mulai menurun setelah beraktivitas seharian. Untuk itu, maka anda wajib pilih menu sahur yang tepat agar kuat berpuasa sampai berbuka.

Menu sahur sehat adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak, sayur dan buah-buahan. Contoh karbohidrat kompleks banyak sekali, namun yang paling mudah di temui adalah nasi merah, nasi hitam dan kentang yang direbus dengan kulitnya. Sedangkan untuk protein hewani bisa di peroleh dari ikan, daging ayam, dan putih telur. Jangan lupa mengkonsumsi sayur dan buah juga yang mengandung banyak serat. Menu sahur berikut ini bisa membuat tubuh tetap kuat saat berpuasa:

Sayuran

Foto: tokomesin.com

Berbagai jenis sayuran hijau seperti bayam, brokoli, wortel dan kacang pajang merupakan sayuran yang kaya akan serat. Serat termasuk karbohidrat kompleks yang sulit dicerna oleh tubuh, namun ini karbohidrat kompleks ini sangat penting untuk menjaga keseimbangan metabolisme dalam tubuh terutama saat berpuasa. Bisa dibuat sup atau tumis buncis dengan tambahan bahan lainnya seperti ayam, udang, bakso, atau sosis. Hmm.. yummy!

2. Buah

Foto: lamanbiasa.blogspot.com

Serat yang terkandung dalam buah tidak bisa dicerna sehingga mampu merangsang lambung bekerja lebih lama menghancurkan makanan. Semakin lama makanan berada di lambung, semakin lama juga kita merasa kenyang.

3. Daging Sapi Rendah Lemak

Foto: mynurz.com

Menurut penilitian, diet tinggi protein dan rendah lemak bisa mempertahankan rasa kenyang yang lebih lama. Jadi daging sapi ini sangat baik dikonsumsi saat sahur. Anda bisa mengolah daging sapi yang sebelumnya sudah dibuang lemaknya menjadi santapan menu sahur yang lezat.

4. Ikan

Foto: selerasa.com

Ikan kaya akan protein sehingga cocok disajikan untuk menu sahur agar puasa kuat dan tidak lemas. Sebaiknya digoreng, karena dapat menambah lemak. Jadi sebaiknya dipepes, atau dibuat sup ikan yang enak dan lezat.

5. Telur

Foto: kitabmasak.com

Telur memiliki protein tinggi, sehingga akan membuat kenyang lebih lama saat puasa. Olahan makanan dari telur misalnya omelet, telur balado, dan menu lainnya.

6. Susu Kedelai dan Sari Kacang Hijau

Foto: food-beverages-asli-surabayacenter.weebly.com

Jika anda tidak sempat sahur dengan makanan lengkap, Anda bisa minum susu kedelai atau sari kacang hijau. Protein yang ada dalam susu kedelai cukup tinggi, sehingga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

7. Perbanyak minum air putih

Referensi pihak ketiga

Perbanyak minum air putih saat buka puasa dan sahur juga membantu puasa Anda kuat dan tidak lemas seharian. Jangan lupa juga untuk tetap berolahraga.

Catat ya tipsnya untuk bulan puasa yang sebentar lagi, semoga bermanfaat. 

Referensi

Resephariini.com/menu-sahur-agar-puasa-kuat

dagelan.co/suka-puasa-senin-kamis-coba-nih-menu-sahur-yang-bikin-kamu-kuat-puasa-seharian-tanpa-lemes