OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 28 Mei 2018

7 Kuliner Khas Jawa Timur Paling Legendaris, Favoritmu Apa?

7 Kuliner Khas Jawa Timur Paling Legendaris, Favoritmu Apa?

10Berita, Setiap daerah pastinya memiliki makanan khasnya masing-masing. Jawa Timur misalnya, cukup banyak makanan khas yang pantang banget untuk dilewatkan. Gak harus di Jawa Timur, beberapa makanan khasnya ini sudah menjamur di seantero negeri ini.

Buat kamu, ini 7 rekomendasi kuliner khas Jawa Timur yang iconic banget sampai jadi legenda di daerahnya. Yuk simak ulasanya berikut ini.

1. Pecel lele

pinterest.com

Pecel lele udah pasti digemari banyak orang. Racikan sambal terasi dan lalapan segar berupa mentimun, daun kemangi, tomat, dan kacang panjang mentah semakin menambah kenikmatan dari makanan ini. Ya, makanan khas Lamongan ini biasa dijajakan saat malam hari. Kamu suka pecel lele?

2. Bakso Kawi Malang

travelingyuk.com

Nah, kuliner satu ini sudah populer diseantero negeri ini. Bahkan kabarnya sudah mulai terkenal di luar negeri juga lho. Bakso khas Malang ini memang punya keunikan tersendiri. Kaya akan rempah dan tersaji dengan beberapa macam pelengkap yang bisa kamu pesan sesuai selera, seperti pangsit, siomay, bakso goreng, mie, sampai lontong. Dijamin bikin kenyang!

3. Gado-gado

indoindians.com

Gado-gado bisa dibilang saladnya orang Indonesia. Aneka sayur dilengkapi dengan telur rebus, tahu, tempe, dan lontong serta disiram dengan saus kacang membuat makanan ini menjadi kombinasi yang pas dan nikmat. Selain sehat dan bergizi, dijamin deh kamu pasti ketagihan dibuatnya. Udah coba belum?

4. Nasi Pecel

seremanis.com

Pecel adalah makanan khas Madiun. Kenikmatan dari racikan sambal kacangnya itu lho yang menjadi ciri khasnya. Biasanya disajikan dengan nasi, sayuran dan dilengkapi dengan lauk dan kerupuk. Makanan satu ini bisa dinikmati saat pagi, siang, dan malam lho. Bahkan sebagian masyarakat menikmati nasi pecel untuk sarapan. Pecel juga nikmat jika disantap tanpa nasi. Kamu harus coba ya!

5. Rawon

masakanpraktisrumahan.com

Rawon terkenal di Pasuruan. Kuahnya yang hitam berasal dari bahannya yang dinamakan 'kluwak/kluwek'. Rasanya sangat khas, bahan utamanya berupa daging sapi, disajikan dengan nasi, sambal uleg, toge mentah, dan bawang goreng. Lebih nikmat lagi jika kamu menikmati dengan kerupuk udang. Rasanya bikin nagih!

6. Soto Dok Lamongan

ksmtour.com

Berdasarkan namanya, makanan ini berasal dari Lamongan. Soto lamongan ini dilengkapi dengan bubuk koya, inilah yang membedakan soto Lamongan dengan soto lainnya. Koya terbuat dari kerupuk udang dan bawang putih atau bisa dibuat dengan kelapa yang disangrai.

Untuk istilah 'dok', biasanya soto Lamongan disajikan dengan dibubuhi kecap oleh penjualnya. Setelah menuangkan kecap, penjual akan mengetukkan botol kecap ke meja dengan keras hingga berbunyi 'dok'. Awas kaget ya!

7. Rujak Cingur

nusantaraaku.blogspot.com

Cingur dalam bahasa Jawa berarti mulut. Ya, rujak cingur dibuat dengan racikan mulut sapi. Sambal kacang yang diuleg dengan petis dan gula jawa memberikan kenikmatan yang khas dan pas di lidah. Bahan-bahannya hampir sama dengan gado-gado, terdiri dari sayuran, tahu, tempe, bisa ditambahkan lontong pula.

Yang membedakan adalah campuran petis. Beberapa sajian rujak cingur dilengkapi dengan pisang muda yang diparut dengan kulitnya. Nikmat banget!

Kamu sudah coba apa aja?

 
Sumber : Idntimes