OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 10 Mei 2018

Awal Kiamat! Iran Mengamuk, Israel Kalang Kabut Dihujani Rudal, Iron Dome Perkasa?

Awal Kiamat! Iran Mengamuk, Israel Kalang Kabut Dihujani Rudal, Iron Dome Perkasa?

https://www.timesofisrael.com/israeli-sources-iran-missile-strike-a-flop-with-most-missing-target/

10Berita, Washington Post (10/5/2018) melaporkan bahwa untuk pertama kalinya, pasukan Iran menyerang militer Israel pada hari Kamis, menembakkan 20 rudal dari Suriah ke posisi Israel di wilayah Dataran Tinggi Golan yang masih dalam sengketa.

https://mashable.com/2014/07/11/israel-iron-dome-failure/

Dailymail (10/5/2018) melaporkan bahwa menurut militer Israel, hanya kerusakan minimal yang terjadi dan tidak ada korban yang dilaporkan, karena sistem pertahanan rudal Iron Dome negara itu mencegat beberapa roket.

Kantor berita Suriah melaporkan bahwa Israel telah menembak terlebih dahulu di kota Quneitra sebelum serangan balasan dari Iran terjadi.

https://unitedwithisrael.org/iran-fires-2-missiles-signed-israel-must-be-wiped-out-general-threatens-israel/

Ketegangan telah meningkat antara kedua negara dalam beberapa hari terakhir ketika Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengungkapkan data intelijen yang menyatakan bahwa Iran telah berbohong tentang program senjata nuklirnya. Seminggu kemudian, Presiden Trump mengumumkan bahwa AS akan menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran.

http://www.breitbart.com/jerusalem/2018/05/09/idf-iranian-forces-fire-rockets-israel/

Washington Post (10/5/2018) juga melaporkan bahwa seorang analis di International Crisis Group, Ofer Zalzberg, berkata, “AS. penarikan (mundurnya AS dari perjanjian nuklir Iran) telah mempercepat eskalasi antara Israel dan Iran. Iran menghadapi lebih sedikit hambatan dalam hal waktu pembalasan. ”

https://www.telegraph.co.uk/news/worldnews/middleeast/iran/12042112/Iran-sends-defiant-signal-to-the-West-with-missile-test.html

Iran nampaknya sudah tidak memiliki beban lagi untuk membalas semua serangan yang dilancarkan oleh Israel. Siapakah yang duluan hancur bila kedua negara tersebut terlibat konfrontasi secara langsung?

Sumber:

www.dailymail.co.uk/news/article-5711531/Iranian-forces-Syria-shell-Israeli-army-bases-Golan-Israel.html

www.washingtonpost.com/world/iranian-forces-fire-rockets-at-israeli-military-in-first-direct-attack-ever-israeli-army-says/2018/05/09/62e3a526-52f7-11e8-a6d4-ca1d035642ce_story.html