OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Selasa, 22 Mei 2018

Masa Depan Politik AHY Tersandera, SBY Ajak Gerindra, PKS, PAN, dan PKB Lawan Jokowi?

Masa Depan Politik AHY Tersandera, SBY Ajak Gerindra, PKS, PAN, dan PKB Lawan Jokowi?



10Berita, Nama Boediono dan Bank Century kembali terdengar, setelah pengadilan Jakarta Selatan memerintahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk segera menetapkan Mantan Wapres Boediono (yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia) dan beberapa rekan lainnya menjadi tersangka.

Persoalan hukum yang melibatkan skandal Bank Century begitu terasa rumit ketika harus dikaitkan dengan persoalan politik. Semua ini bisa terjadi karena kasus yang melibatkan Boediono ini akan ikut "menyeret" Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Hal ini seperti yang dikatakan Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry Juliantono bahwa pertemuan SBY-Wiranto terkait kasus Century yang belakangan menyeret eks Gubernur BI Boediono. Wiranto disebut Ferry menyandera SBY agar merapat mendukung Joko Widodo di Pilpres 2019, seperti dilansir Detik.com(20/04/2018). Namun, pernyataan Ferry Juliantono itu langsung mendapat bantahan dari Ketua Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum DPP PD Ferdinand Hutahaean.

Selanjutnya, bantahan Demokrat tersebut diperkuat oleh pernyataan Presiden Partai Keadilan Sejahtera ( PKS) Sohibul Iman, dimana SBY mengundang dirinya untuk membicarakan kemungkinannya membentuk poros ketiga dalam Pilpres 2019.

SBY Gabung ke Gerindra untuk Melawan Jokowi?

SindoNews.com

Apa tujuan SBY mengajak PKS untuk membicarakan kemungkinanya membentuk poros ketiga? Bukankah PKS sudah punya dukungannya sendiri pada Gerindra yang mengusung Prabowo sebagai Capresnya. Ataukah ini upaya SBY merapat ke Gerindra dengan PKS sebagai pintu masuknya.

Jika SBY berkoalisi dengan PKS dan Gerindra, ini akan mengundang dua partai lainnya yang belum memiliki dukungan Capres, yaitu PAN dan PKB, dimana ketua umum kedua partai tersebut pernah menjadi bawahannya SBY di pemerintahan. Akhirnya Koalisi Jokowi akan melawan koalisi Gerindra, PKS, PAN, Demokrat, dan PKB.

Kasus Bank Century ikut Menyeret SBY dan Demokrat

Jokowi dianggap sebagai pihak yang bertanggung jawab atas munculnya perintah pengadilan kepada KPK untuk menyeret nama Boediono. Selain itu, bila Boediono berhasil diseret, maka berikutnya tidak menutup kemungkinanakan menyeret SBY dan Partai Demokrat.

Wasekjen Partai Hanura Tridianto/Viva.co.id

Hal ini diakui sendiri oleh mantan kader Partai Demokrat Tridianto yang kini menjadi Wasekjen Partai Hanura. Menurut Tri, seperti dikutip Viva.co.id (19/04/2018), sejak dulu ketika kasus Century dibuka dan ramai di Pansus, banyak yang ketar-ketir di Demokrat.  Dengan kata lain, bila akhirnya Kasus Bank Century ini berhasil menyeret SBY, maka karier politik AHY pun akan ikut terjegal, dan elektabilitas yang coba ditingkatkan itu tak akan banyak berubah. Namun, akan lain soalnya bila koalisi antara Gerindra, PKS, PAN, PKB dan Demokrat itu bisa terwujud dan memenangi kontestasi Pilpres 2019 melawan koalisi Jokowi, maka bukan tidak mungkin kasus yang melibatkan SBY juga akan ikut terhenti.

Wasekjen Partai Hanura Tridianto

Sumber :Viva.co.id, UC News