OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 17 Mei 2018

Mengenal Islam Kejawen di Suriname Amerika Selatan

Mengenal Islam Kejawen di Suriname Amerika Selatan

http://www.sipayo.com

10Berita, Tidak asing bagi kita semua untuk mengetahui keberadaan penduduk jawa di suriname, berada di amerika selatan dan berbatasan dengan Guyana Perancis dan di sebelah selatan berbatasan langsung dengan Brazil, penduduk jawa yang berada di wilayah ini juga karena belanda yang membawanya untuk bermukim disana untuk bekerja hingga sampai saat ini masih berada disana anak keturunannya.

http://istahilagi.blogspot.co.id

Namun tahukah anda jika suku jawa yang berada di suriname masih memegang teguh budaya jawa yang sangat kental, termasuk dalam agama. Di suriname sendiri islam yang mayoritas dipegang oleh orang jawa menduduki 69% dari total pengikut agama yang lain. di sini juga suku jawa masih mempertahankan budaya jawa yakni selametan dan kepercayaan yang tak jauh beda dari masyarakat jawa di indonesia misalnya upacaya sebelum panen dan tanam. seperti mengenal dewi sri dan lain sebagainya.

http://hallomuslim.com

Bahkan seperti selametan kematian orang yang meninggal dan lain sebagainya masih diadakan di suriname bagi orang islam, lebih jelasnya islam di suriname sama dengan islam kejawen pada umumnya.

https://www.hidayatullah.com/

Namun yang membedakan islam ala jawa di suriname ialah islam ala jawa yang ada pada abad ke 19, jadi masih sangat kental dengan ajaran-ajaran jawa kuno disana.

Referensi :

Www.hallomuslim.com/islam-ala-jawa-di-suriname-amerika-selatan/

Www.majalahlangitan.com/islam-ala-jawa-di-suriname/

Www.sipayo.com/2018/04/begini-kisah-orang-jawa-yang-kini-telah-menjadi-warga-negara-di-suriname.html