OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 18 Juni 2018

Ini Loh Daerah-daerah Yang Luas Namun Tak Diklaim di Dunia, Boleh Nih Buat Negara Baru 

Ini Loh Daerah-daerah Yang Luas Namun Tak Diklaim di Dunia, Boleh Nih Buat Negara Baru


10Berita, Sebagian bersar tanah di dunia ini sudah ada yang mengakui atau mengklaimnya. Seperti kita ketahui bahwa sebidang tanah sering kali menimbulkan sengketa, permusuhan, bahkan peperangan. Semua terjadi dari lingkungan terkecil antar keluarga misalnya perselisihan batas tanah dengan tetangga atau bahkan antar negara, perebutan sebidang tanah seringkali menimbulkan perang yang memakan banyak korban. Tanah merupakan aset yang sangat berharga, apalagi kalau di dalamnya terdapat kandungan tertentu seprti minyak, emas dan lain-lain.

Namun tahukah anda bahwa di dunia ini ada tanah yang tak di klaim oleh negara manapun?

Bila biasanya sebidang tanah diperebutkan untuk diklaim sebagai bagian dari wilayah suatu negara, namun tidak demikian dengan sebidang tanah ini. Tanah dengan luas sekitar sekitar 795 mil persegi (2.060 kilometer persegi) ini bernama Bir Tawil, terletak antara Mesir dan Sudan.

Sebidang tanah itu sengaja dibuat pada tahun 1902, ketika Inggris menarik perbatasan yang berbeda dari yang diciptakan pada tahun 1899. Dua batas yang berbeda membuat dua daerah yang berbeda, Bir Tawil dan Halaib.

Halaib memiliki berbagai sumber daya, sehingga diinginkan, tetapi Bir Tawil tidak. Oleh karena itu, Mesir mengklaim perbatasan pada 1899, yang memberikan Halaib ke Mesir dan Bir Tawil ke Sudan. Sebaliknya, Sudan mengklaim perbatasan tahun 1902, yang memberikan Halaib ke Sudan dan Bir Tawil ke Mesir.

Baik Mesir dan Sudan menegaskan bahwa Bir Tawil bukan miliknya.

Referensi pihak ketiga

klaim batas oleh Mesir

Referensi pihak ketiga

Klaim batas oleh Sudan

Referensi pihak ketiga

bir tawil

jika kita melihat perbatasan antara kroasia dan serbia. 

Referensi pihak ketiga

Perbatasan kedua negara didirikan berdasarkan Sungai Danube yang berkelak kelok.

namun seiring berjalannya waktu Sungai Danube yang sekarang jauhlah berbeda dengan pada masa itu.

Referensi pihak ketiga

Sungai Danube sekarang memiliki alur yang memotong secara lurus, tidak berkelak-kelok lagi.

Kroasia Mengklaim bahwa perbatasan tetap berdasarkan sungai yang dahulu dan perubahan sungai tidak merubah perbatasan, sedangkan serbia mengatakan bahwa perbatasan harus digambar ulang berdasarkan sungai yang sekarang.

secara hukum, perbatasan tetap mengikuti sungai yang dahulu sesuai dengan klaim kroasia, namun secara kontrol tanah, sesuai dengan kalim serbia.

Referensi pihak ketiga

Hal ini menyebabkan situasi yang menarik dimana ada 4 bidang tanah yang menjadi tidak di klaim oleh keduanya.

Antartika merupakan benua yang meliputi Kutub Selatan Bumi, hampir seluruhnya terletak di Lingkar Antarktika dan dikelilingi oleh Samudra Pasifik, Samudra Atlantik dan Samudra Hindia. Dengan luas 14.0 juta km2 (5.4 juta sq mi), antarktika adalah benua terluas kelima setelah Eurasia, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Sebagai perbandingan, Antartika hampir dua kali ukuran Australia. Sekitar 98% dari Antartika ditutupi oleh es yang rata-rata ketebalan minimal 1.9 kilometer (1.2 mi), seluruh daratan meluas tetapi di bagian utara mencapai Semenanjung Antarktika.

Antartika memiliki kelembaban rata-rata terendah, suhu rata-rata terendah di antara semua benua di bumi, benua tertandus, benua berangin terkencang, dan memiliki elevasi rata-rata tertinggi dari semua benua.Antartika dianggap sebagai gurun, dengan curah hujan hanya 200 mm (8 inci) di sepanjang pantai dan jauh lebih sedikit di pedalaman.Tempat terdingin di muka bumi ini sebagian besar tertutup es sepanjang tahun mencapai -89 °C (-129 °F). Populasinya terkecil jauh di bawah yang lain (umumnya dihuni oleh para peneliti dan ilmuwan untuk batas waktu tertentu saja) sekitar 1000 sampai 5000 orang. Hanya organisme yang dapat hidup dan beradaptasi di suhu dingin termasuk berbagai jenis fungi, alga, bakteri, protista, tumbuhan, selain itu hewan seperti penguin, nematoda, anjing laut. Vegetasi yang ada hanya tundra.

Referensi pihak ketiga

sumber:boombastis.com