OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 08 Juni 2018

Kata Ust.Tengku Z, 5 Orang Ini Aibnya Boleh Dibuka. No 2 Bisa Membuat Umat Hancur

Kata Ust.Tengku Z, 5 Orang Ini Aibnya Boleh Dibuka. No 2 Bisa Membuat Umat Hancur

Ustd. Tengku Zulkarnaen (Republika)

10Berita, Kita diperintahkan untuk menutup aib seseorang. Namun demikian ada beberapa orang yang aibnya boleh dibuka demi keselamatan orang banyak. Ya jadi penegasannya adalah kepentinagn sosial atau publik, bukan pribadi mengapa ab itu boleh dibuka.

Sebagaimana ditulis oleh Republika.co.id (6/2/15), meski Allah melarang dan melaknat orang yang suka bergibah, ulama memperbolehkan ghibah dalam keadaan tertentu. Wakil Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ustaz Tengku Zulkranaen menyampaikan Islam telah memberikan kesempatan orang boleh berghibah atau menceritakan perbuatan buruk orang lain.

Pertama, kata Ustaz Tengku, saat orang itu berada di hadapan majelis hakim saat bersidang di pengadilan, baik pengadilan umum atau pengadilan khusus. “Maka, saksi boleh membuka aib terdakwa,” katanya kepada Republika, Selasa (3/1) sebagaimana dikutip republika.co.id.

Republika

Kedua, ulama yang melakukan kesesatan dan perbuatannya dikhawatirkan akan menjerumuskan umat. “Itu boleh dibukakan aibnya,” ujar Ustaz Tengku.

Ulama yang seperti ini sangat membahayakan umat banyak bahkan negara jika aibnya tidak dibuka, maka demi keselamatan orang banyak, bangsa dan negara aibnya boleh dibuka.

Ketiga, seorang istri yang menuntut hak atas suaminya yang tidak ditunaikan. “Istri berhak membuka aib suaminya itu untuk mendapatkan haknya,” katanya.

Keempat, orang boleh berghibah untuk menolong orang yang nyawanya terancam. Orang yang akan dibunuh itu harus diberi tahu jika nyawanya terancam oleh seseorang. “Maka boleh dibuka jika si Anu mau membunuhmu,” kata Tengku Z.

Ust.Tengku Z (paling kiri) (twitter.com)

Kelima, pemimpin jika aibnya dapat membahayakan agama dan negara. “Kalau aibnya itu membahayakan agama atau membahayakan rakyatnya, boleh dibuka,” ujarnya.

Itulah beberapa orang yang yang boleh dibuka aibnya menurut Ustadz Tengku Zulkarnaen dengan sejumlah catatan yang penting. Tidak asal membukanya tanpa maksud yang jelas yang telah diatur ketentuannya.**

Sumber : UC News