OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 07 Juni 2018

Puasa Orang-orang Yang Ditolak Allah

Puasa Orang-orang Yang Ditolak Allah

Referensi pihak ketiga

10Berita, Berpuasa di bulan ramadhan adalah kewajiban bagi setiap umat muslim. Dengan menahan nafsu makan, minum, amarah, dan perbuatan-perbuatan yang dilarang lainnya dari terbit fajar hingga terbenam matahari adalah usaha yang memerlukan perjuangan dan tekad yang keras. Namun, ada segolongan orang-orang yang sudah melakukan puasa dan menjaga hal-hal yang bisa mengurangi pahala puasa dan bahkan yang membatalkannya, ternyata masih juga ditolak oleh Allah.

Suatu waktu sahabat melihat Rasulullah mengucapkan amin hingga tiga kali usai salat Idul Fitri. "Amin.. Amin.. Amin." Tentu saja hal itu membuat heran sahabat. Sebab sebelum Nabi Muhammad SAW tak sedang berdo'a. Akhirnya sahabat bertanya. "Ada apa ya Rasul, kenapa engkau mengucapkan amin hingga tiga kali?"

"Tadi sehabis salat, datang malaikat Jibril kepadaku. Beliau berkata, 'Ya Muhammad, saya mau berdoa kepada Allah SWT, maukah engkau mengamini?' Aku jawab 'Tentu ya Jibril". Siapa sajakah orang-orang yang diaminkan Rasulullah di dalam do'a malaikat Jibril itu ? Berikut uraiannya.

Anak yang durhaka kepada orangtua

"Ya Allah SWT saya memohon kepada kepadaMu, jangan Engkau terima puasanya anak yang durhaka kepada ibu dan bapaknya," doa Jibril. Doa itu langsung diamini oleh Rasulullah.

Orang tua adalah orang yang sangat berjasa terhadap hidup kita. Mereka melahirkan dan menyayangi kita dari kecil hingga dewasa tanpa berkurang sedikitpun. Ridho seorang anak terletak dari restu orang tuanya. Jika diantara kita memiliki kesalahan kepada orang tua, segeralah untuk meminta maaf, sehingga puasa yang kita lakukan, mendapat ridho dan berkah dari Allah. Dengan demikian, puasa yang kita lakukan selama bulan ramadhan tidaklah sia-sia dan insyaallah akan diterima oleh Allah.

Istri yang durhaka kepada suami

"Ya Allah SWT saya memohon kepada kepadaMu, jangan Engkau terima puasanya istri yang durhaka kepada suami," doa Jibril. Doa itu langsung diamini oleh Rasulullah.

Wahai para wanita yang bersuami, suami adalah pemimpin dan imam bagi kalian, janganlah mendurhakai mereka dan menyakiti hati mereka. Karena hal tersebut bisa menjerumuskan kepada murkanya Allah. Dan perbuatan tersebut juga bisa membuat puasa yang telah dilakukan dengan bersusah payah tertolak.

Muslim yang tak mau memaafkan saudaranya sesama muslim

"Ya Allah SWT saya memohon kepada kepadaMu, jangan Engkau terima puasanya muslim yang tak mau memaafkan saudaranya sesama muslim," doa Jibril. Doa itu kembali diamini oleh Rasulullah.

Ketika ada orang yang bersalah kemudian mereka meminta maaf dengan sepenuh hati, segeralah memaafkan mereka walaupun itu berat. Tidak ada kesempurnaan pada diri ini, sungguh peluang untuk melakukan kesalahan pada diri manusia sangatlah besar. Berbesar hatilah untuk memaafkan, dan bagi sahabat yang sudah dimaafkan, janganlah mencoba untuk diulangi, karena memaafkan sungguh sangat sulit.

Semoga kita semua dijauhkan dari 3 perubatan di atas, sehingga amalan ibadah puasa kita diterima oleh Allah SWT. Amiiiiiiin

Sumber :

puasadanhikmah.com