OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 28 Juli 2018

Cerita Petugas Bersihkan Kali Item: Sampah Berkurang, Bau Masih

Cerita Petugas Bersihkan Kali Item: Sampah Berkurang, Bau Masih

10Berita, Jakarta – Petugas yang kerap membersihkan Kali Item bercerita tentang kondisi kali sebelum dipasangi waring dan sesudahnya. Kata mereka yang membersihkan, bau kerap menyengat ke sekitaran area dekat kali sewaktu waring belum dipasang.

Silitonga (52) petugas UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup mengatakan, dirinya bekerja membersihkan Kali Item sampai aliran Kali Sentiong sejak 2014. Aroma yang tidak sedap dari kali selalu menemaninya sehari-hari.

Kali Item Foto: Eva Safitri/ detikcom

“Sudah dua tahun di sini, ya begini lah namanya kali pasti bau,” ujarnya ketika di temui detikcom di ujung Kali Item Jubilee School, Jalan Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (23/7/2018).

Menurutnya, bau Kali Item kini tidak terlalu menyengat seperti dua tahun lalu. Kini bau hanya muncul ketika ia membersihkan di bawah terik matahari.

“Kalau dulu bau banget, waktu saya pertama kali kerja di sini. Tapi sekarang-sekarang mah sudah nggak terlalu, cuma kalau lagi musim kemarau kaya sekarang nih pasti bau, kalau sore mah biasa,” ucapnya.

Kali Item. Foto: Eva Safitri/ detikcom

Silitonga menjelaskan ia tidak pernah menemukan sesuatu yang aneh ketika bertugas. Namun, terkadang ia mengeruk lumpur yang sangat tebal dan memunculkan bau yang menyengat.

“Nggak pernah sih, saya kan ngambil sampah yang ngambang-ngambang aja yang di permukaan kali doang nggak pernah yang sampai ngeruk ke dalam (kali), paling ya kalau lagi dapet lumpur tebal aja, nah itu suka muncul bau tuh,” tuturnya.

Begitu pun dengan petugas lain Didi mengatakan masih tercium bau di Kali Item. Bau itu hilang ketika pompa air Kali Item digunakan.

“Masih baunya mah, kan saya kerjanya di dalam. Tapi kalau pompa airnya nyala nggak begitu bau sih,” ucapnya.

Kini jelang Asian Games Kali Item ini dipasang waring dari Jembatan Marto sampai Jubilee School. Mereka tidak mengalami kesusahan dalam membersihkan Kali Item meski dipasang waring.

“Enggak

Kali Item. Foto: Eva Safitri/ detikcom

sih, malah enak jalannya kita tinggal tarik doang,” ujar Didi.

Menurut Didi pemasangan Kali Item ini sangat efektif untuk mengurangi sampah. Sampah setelah dipasangkan waring sudah berkurang saat ini.

“Berkurang banget, biasanya kita dapet satu mobil yang ukurannya 3/4 sehari, itu sampe penuh, sekarang ini paling kita dapet dua keranjang, nggak sampai penuh mobilnya,” jelasnya.

Biasanya sebelum dipasang waring jelas Didi orang gampang melempar sampah ke kali. Tapi kini sampah yang dibersihkan hanya berasal dari saluran limbah warga.

“Ya kalau dulu sebelum dipasang (waring) banyak yang asal lempar aja ke kali, sekarang sampahnya cuma dari saluran warga aja,” kataya.

Saat ini jelang Asian Games mereka ditugaskan untuk membersihkan Kali Item secara rutin. Didi dan Silitonga membersihkan Kali Item dijadwalkan pada shift 2.

“Selama Asian Games kita rutin bersihin, biasanya kan kalau lagi banyak aja barubkita bersihin. Saya tiap hari shift dua, dari pukul 12.00- 18.00 WIB,” ujar Didi.
(nkn/nkn)

Sumber :UC News