OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 28 Juli 2018

Gawat Diam-Diam BPJS Mulai Tidak Cover Biaya Persalinan

Gawat Diam-Diam BPJS Mulai Tidak Cover Biaya Persalinan



Sumber ; rumahbpjs.com

 

10Berita, BPJS Kesehatan kini mengalami deficit parah dalam neraca keuangan yang dialami Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJSKes) . Tentu hal ini membuat lembaga BPJS KES melakukan penghematan sana sini yang tentu saja berefek bagi masyarakat miskin.

 Kondisi neraca keuangan BPJS saat ini memang sangat parah dimana dalam situasi keuangan BPJS yang terus merugi. Menurut data laporan keuangan BPJS Kesehatan jika pada tahun 2017 BPJS harus merugi Rp183,3 miliar. Bahkan lebih parah di tahun ini Defisit BJPS, Advokasi BPJS Watch Timboel Siregar, sampai Mei 2018 saja mencapai Rp4,8 triliun.

Untuk itu Dilansir Tribunnews.com, BPJS mulai mencanangkan untuk berupaya memangkas biaya yang harus ditanggung untuk persalinan. Ketika di tanyakan langsung malah dijawab diplomatis dan terkesan menggantung.Pihak BPJS sendiri memberi keterangan yang menggantung terkait jaminan biaya melahirkan.

Kepala Humas BPJS Kesehatan Nopi Hidayat menyatakan kami tidak membatasi kewenangan fasilitas kesehatan dan profesi dalam memberikan pelayanan medis kepada pasien JKN-KIS. "Namun mempertimbangkan kondisi finansial saat ini, maka BPJS Kesehatan hanya akan menjamin sesuai dengan kemampuannya," demikian jawaban Nopi.

Sumber ;http://www.pasienbpjs.com

Dan penulis perpendapat dan juga sebagai masyarakat tentu membatasi layanan BPJS patut untuk dipertanyakan. Apalagi niat awal untuk mendirikan BPJS tentunya untuk menjamin kesehatan seluruh lapisan masyarakat, kenapa sekarang malah berhitung untung-rugi layaknya perusahaan profit oriented?

Dan hal ini telah menjadi menjadi bukti bahwa asuransi tidak bisa menjadi solusi. Untuk menjamin kesehatan dan kesejahteraan masyarakat pemerintah seharusnya tidak bersikap spekulatif. Negara harusnya hadir sebagai pengayom rakyat memberikan pelayanan terbaik tanpa pamrih.

Sumber : makassar.tribunnews.com/2018/07/19/bpjs-kesehatan-bakal-pangkas-biaya-persalinan-ini-kata-kacab-makassar