OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 20 Juli 2018

Nggak Nyangka, Kota Paling Bebas Polusi ini Ternyata di Indonesia, Pernah Kesana?

Nggak Nyangka, Kota Paling Bebas Polusi ini Ternyata di Indonesia, Pernah Kesana?

10Berita, Jaman makin maju dan modern. Polusi juga semakin banyak berada dimana-mana. Apalagi polusi dari kendaraan bermotor sungguh tiada terkira. Udara yang ada pun tak sesehat yang dulu.

sumber:boombastis.com

Banyaknya polusi, sungguh bertolak belakang dengan kota satu ini. Dilansir dari hipwee.com, ada sebuah kota yang bebas dari polusi di Indonesia. Penasaran kota apa? Kota Agats yang ada di Papua Indonesia.

sumber;grid.id

Di Papua memang masih banyak terdapat hutan. Namun berbeda dengan Agats, meskipun bebas dari polusi, kota ini tidak terdiri banyak hutan. Agats merupakan kota yang berada di atas rawa dan tanah berlumpur. Nah kok bisa ya?

Jadi penduduk Agats membangun peradaban dengan memanfaatkan papan kayu. Rumah-rumah mereka berasal dari papan kayu yang berdiri di atas rawa-rawa. Jalananpun juga demikian. mereka menghubungkan satu tempat dengan tempat lainnya dengan membangun jalan berupa papan kayu.

sumber: indonesiakaya.com

Di Agats, UCers tak akan pernah menemukan yang namanya kendaraan bermotor. Mereka pergi dari satu tempat ke tempat lainnya dengan jalan kaki atau sepeda listrik sehingga tak ada sedikitpun polusi udara. Oleh karena itu kota Agats diklaim sebagai kota bebas polusi sedunia lho. Nggak nyangka kan?

Mungkin ada yang bertanya, dengan tanah rawa dan lumpur, mereka mendapat air dari mana? Tuhan memang Maha Baik, manusia dianugerahi insting untuk dapat bertahan hidup. Di kota Agats, masyarakat memanfaatkan air hujan sebagai sumber air kehidupan mereka. Air hujan mereka tampung dalam tandon-tandon yang besar.

Nah bagaimana UCers? Ada yang pernah main-main kesana?

Sumber:

hipwee.com/travel/kenalan-dengan-kota-agats-kota-bebas-polusi-di-papua-yang-mengapung-di-atas-papan/?ref=artikel_menarik