OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 30 Juli 2018

Pondasi Cakar Ayam Yang Mendunia, Asli Temuan Anak Bangsa. Makin Bangga Deh!

Pondasi Cakar Ayam Yang Mendunia, Asli Temuan Anak Bangsa. Makin Bangga Deh!

 

10Berita, Pondasi cakar ayam adalah sebuah model konstruksi yang merupakan hasil karya anak bangsa. Sejak ditemukan tahun 1961, pondasi model ini sudah diaplikasikam di banyak negara. Konstruksi ini kerap digunakan pada lahan-lahan yang tanahnya lembek.

Referensi pihak ketiga

Penemunya adalah Prof. Dr. Ir. Sedijatmo. Kala itu, PLN tengah menggarap sebuah proyek pembuatan 7 menara listrik di daerah berawa-rawa di kawasan Ancol. Dengan menggunakan teknologi konvensional. 2 menara berhasil didirikan dengan susah payah. Padahal waktu pengerjaan semakin sempit.

Referensi pihak ketiga

Menara-menara itu akan digunakan sebagai sarana penyalur listrik ke Gelanggang Olahraga Senayan pada Asian Games 1962. Akhirnya, Pemimpin proyek pada waktu itu, Prof. Seijatmo, mencoba sebuah sistem baru yang kemudian disebutnya sebagai pondasi cakar ayam. Pondasi ini terdiri dari susunan beberapa pipa beton yang menyangga satu lapis plat beton. Di atas pondasi ini, berdiri tegak 5 menara yang hingga kini masih berdiri.

Referensi pihak ketiga

Pondasi ini memiliki beberapa keunggulan dibanding teknik konvensional. Selain cocok dibangun pada lokasi yang tanahnya lembek, pondasi ini juga tidak membutuhkan sistem drainase dan sambungan kembang-susut.

Referensi pihak ketiga

Selanjutnya, teknologi asli karya anak bangsa ini kerap digunakan di berbagai proyek di tanah air antara lain menara PLN tegangan tinggi, hanggar pesawat terbang di Jakarta dan Surabaya, run way dan taxi way di Bandara Soetta dan sebagainya. Karya ini juga sudah mendapatkan hak paten di 40 negara. Untuk menghormati jasa-jasanya kepada bangsa dan negara, nama Sedijatmo diabadikan sebagai nama salah satu ruas jalan tol di Jakarta.(Zainal Abidin Sidik)

Sumber artikel :

goodnewsfromindonesia.id/2016/02/16/mengenang-penemu-pondasi-cakar-ayam