OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Senin, 06 Agustus 2018

Pria Dianggap Gila Karena Menggali Kolam 27 Tahun, Tak Disangka Ujungnya Dikagumi

Pria Dianggap Gila Karena Menggali Kolam 27 Tahun, Tak Disangka Ujungnya Dikagumi


10Berita, Seseorang yang memiliki ide brilian atau menciptakan sesuatu untuk kebermanfaatan banyak orang awalnya akan dianggap aneh. Mustahil, begitulah kata orang-orang kebanyakan bahkan terkesan diremehkan. Inilah kisah seorang pria dengan ide gilanya mampu merubah pandangan orang bahwa perubahan itu penting. Saja Pahad merupakan pria dengan impian aneh bagi kebanyakan orang. Ia tinggal didesa kecil di Chhattisgarh India yang sedang mengalami kekeringan dan kesulitan memperoleh air bersih.

Warga desa hanya bergantung pada 2 sumur secara bersama-sama. Ketika musim kemarau tiba warga bingung mencari karena kebutuhan air tak tercukupi apalagi untuk kebun maupun ternak masyarakat. Inilah kondisi yang membuat seorang pemuda dengan usia 15 tahun melakukan hal gila karena ingin membuat kolam besar untuk menampung air hujan. Shyam Lal ditertawakan orang-orang karena berbuat hal aneh. Pemuda itu dianggap tidak waras alias gila sebab keadaan desa tidak memungkinkan untuk membuat penampungan air baru. Tekad kuat Lal tak menggubris kata orang.

Shyam Lal

Dengan kerja keras, pantang menyerah selama 27 tahun ia pantang menyerah menggali tanah untuk membuat kolam. Tak ada orang yang mampu menghentikan langkahnya. Setiap hari ia menggali tanah kosong seorang diri. Dari waktu ke waktu tanah itu lubangnya kian luas. Meskipun orang-orang tak percaya ia tetap saja menggali lubang. Ia konsisten menggali lubang dengan diatas tertawanya orang-orang yang melihat. Ketika Lal berusia 42 tahun Orang-orang baru sadar setelah terbentuk kolam besar tersebut. Orang-orang berduyun-duyun datang mengambil air dari dalam kolam buatan Lal. Warga desa akhirnya menganggap Lal sebagai pahlawan bagi mereka. Seandainya tidak ada Lal mereka tetap sulit mencari air ketika musim kemarau. Kolam itu luasnya 4000meter persegi dengan kedalaman 4,5 meter.

Shyam Lal

Keberhasilan Lal ini tak hanya dihargai warga desa bahkan pemerintah setempat mengakui akan keberhasilan Lal. Ketika bukti itu nyata didepan mata pemerintahan mulai memperhatikan desa mereka. Lal Merupakan pahlawan karena membuka jalan bagi perkembangan desanya. Padahal kala pembuatan kolam tak ada seorangpun mau membantu Lal. Tindakan Lal dianggap gila atau tak waras.

Kejadian di India ini hanyalah satu kisah diantara kisah lainnya. Banyak orang diluar sana yang mampu menginspirasi banyak orang. Orang lain menganggap tidak mungkin, mustahil serta aneh tapi mereka baru mengakui ketika sudah terbukti nyata didepan mata.

Sumber:vemale.com/demi-penuhi-kebutuhan-air-warga-desa-pria-ini-gali-kolam-selama-27-tahun