OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 17 Agustus 2018

Rachmawati Soekarnoputri Berikan Penghargaan ‘The Star of Bung Karno’ kepada Prabowo Subianto

Rachmawati Soekarnoputri Berikan Penghargaan ‘The Star of Bung Karno’ kepada Prabowo Subianto

10Berita, JAKARTA—Pendiri Yayasan Universitas Bung Karno (UBK) Rachmawati Soekarnoputri memberikan pidato dalam upacara hari Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-73 di kampus UBK, Jakarta Pusat, Jumat (17/8). Tema pidatonya dalam upacara HUT RI itu adalah Vivere Pericolo.

“Pada hari ini izinkan saya menggunakan tema Vivere Pericolo yang pernah disampaikan Bung Karno. Artinya tahun kita menyerempet bahaya, seperti bagaimana dikaitkan Bung Karno bahwa hasil kemerdekaan Indonesia adalah hasil melawan penjajahan dan kolonialisme,” kata Rachmawati dalam pidatonya.

BACA JUGA: Bulan Kemerdekaan, Mengenang Presiden yang Terlupakan

Dia juga mengungkapkan pemikiran ayahnya yakni Presiden RI pertama sekaligus proklamator kemerdekaan RI, Bung Karno.

“Dan Bung Karno mengatakan bahwa proklamasi merupakan jembatan emas menuju keterwujudan RI dan menuju keterwujudan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur,” sambungnya.

Rachmawati yang merupakan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu juga menambahkan, perayaan kemerdekaan ini bertepatan dengan tahun politik jelang pemilu legislatif dan Pilpres 2019.

“Untuk itu tegaskan kepada seluruh rakyat Indonesia saya ingatkan jangan salah pilih pemimpin, oleh karena itu tahun ini tahun living of dangerous. Saya katakan jangan salah pilih pemimpin,” imbuhnya.

Dia kemudian menjelaskan soal pemimpin yang dimaksud.

“Artinya jangan salah pemimpin yang menjadi promosi atau jadi antek kepentingan asing, berpikiran neoliberalis, yang suka utang, yang tebang pilih dalam penegakan hukum, semena-mena menjual aset negara yang membuat nilai rupiah terpuruk, membiarkan tenaga kerja asing masuk, jangan memilih pemimpin yang munafikun, jika berkata sesuai dengan perbuatannya,” tuturnya.

Peringatan HUT RI di UBK tersebut turut dihadiri pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Usai berpidato, kakak Megawati Soekarnoputri itu kemudian menyematkan penghargaan The Star of Bung Karno kepada Prabowo Subianto yang turut hadir memperingati HUT RI di UBK bersama Sandiaga Uno, pasangannya pada Pilpres 2019 mendatang.

BACA JUGA: Ada Apa dengan 17 Agustus 1945?

Penghargaan The Star of Bung Karno, kata Rachmawati, juga pernah diberikannya kepada beberapa pemimpin dunia.

“Ini penghargaan serupa yang pernah saya berikan kepada Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad, Hugo Chaves, Kim Jong Un, Fidel Castro dan seterusnya, dan pada hari Kemerdekaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, saya memberikan kepada Bapak Haji Prabowo Subianto, semoga bapak nanti bisa memimpin Indonesia di masa yang akan datang,” tandasnya. []

SUMBER: Merdeka, Islampos.