OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 28 September 2018

Jika Pilpres 2019 Berlangsung Jujur, Bebas dan Adil, Jokowi Bisa Terjungkal Seperti Ahok

Jika Pilpres 2019 Berlangsung Jujur, Bebas dan Adil, Jokowi Bisa Terjungkal Seperti Ahok

sumber poto politiktoday.com

10Berita, Pengamat: status petahana bukan garansi Jokowi akan unggul di Pilpres 2019

Peneliti politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro memastikan Jokowi – Ma’ruf Amin belum tentu memenangi dalam ajang Pilpres 2019 mendatang. Status bacapres petahana bukan garansi Jokowi akan mengungguli kompetisi mendatang.

Jokowi bisa terjungkal seperti Basuki Tjahaja Prunama alias Ahok

Zuhro menilai, Jokowi bisa saja mengalami nasib seperti Basuki Tjahaja Prunama, yang tumbang di DKI Jakarta pada periode kedua, demikian tuturnya, usai acara Sarasehan Kebangsaan dengan tema “Membangun Demokrasi Beradab” di Jakarta, Kamis (6/9/2018).

Syaratnya Pilpres 2019 mendatang, berlangsung secara bebas, jujur dan adil

Namun menurut Siti Zuhro mengaku, bahwa teori tersebut memiliki syarat. Syaratnya adalah bila pilpres 2019 mendatang, berlangsung secara bebas, jujur dan adil. Namun sebaliknya, teori tersebut tak akan berlaku jika ada kecurangan massif yang dilakukan oleh petahana.

Karena itu peneliti senior LIPI ini mengingatkan, agar petahana tak sekalipun mencurangi kubu lawan. Jika kecurangan itu dilakukan, Zuhro meyakini kekacauan di negeri ini pun bisa saja terjadi, kata Zuhro memperingatkan.

Hal yang sama juga terjadi pada kubu Prabowo-Sandiaga. Menurutnya, pesta rakyat lima tahunan yang berlangsung secara aman, jujur, dan adil akan bukan berarti pula membawa kemenangan bagi mereka.

“Tidak ada juga yang menjamin Prabowo-Sandi juga menang kontestasi kan. Seperti itu, jadi fair menurut saya,” demikian tegasnya.

Sumber: politiktoday.com