LSI Survei Pilpres di Pengguna Media Sosial, Hasilnya Pasangan Ini Berbalik Unggul!
tribunnews.com
10Berita, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA kembali merilis hasil survei elektabilitas pasangan capres-cawapres untuk pilpres 2019. Kali ini, LSI membuat survei terhadap responden dari kalangan pengguna media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia: Facebook, Instagram, dan Twitter.
silvertoad.co.uk
Hasilnya, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno lebih unggul dari pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Prabowo-Sandi unggul di kalangan pengguna Instagram dan Twitter, sedangkan Jokowi-Ma'ruf hanya unggul di kalangan pengguna Facebook.
Berikut rincian hasil survei tersebut.
Pengguna Facebook
Jokowi-Ma'ruf: 41,6%
Prabowo-Sandi: 39,4%
Pengguna Instagram
Jokowi-Ma'ruf: 40,9%
Prabowo-Sandi: 42%
Pengguna Twitter
Jokowi-Ma'ruf: 34,3%
Prabowo-Sandi: 40%
Angka-angka tersebut bisa dibilang berkebalikan dengan rilis hasil survei LSI sebelumnya, dimana pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul mutlak atas Prabowo-Sandi dengan angka 52,2 persen berbanding 29,5 persen.
limawaktu.id
LSI mengungkapkan bahwa penggunaan media sosial akan menjadi salah satu faktor penting bagi kedua pasangan capres-cawapres untuk berkampanye dan menjaring suara. Dari hasil survei di atas, bisa dibilang bahwa sejauh ini Prabowo-Sandi lebih unggul dibanding Jokowi-Ma'ruf dalam hal menarik simpati pengguna media sosial.
Maka jika dimaksimalkan, bukan tidak mungkin Prabowo-Sandi akan mampu menjaring suara lebih banyak lagi, khususnya sewaktu masa kampanye resmi dibuka nanti. Sementara pasangan Jokowi-Ma'ruf bisa makin tertinggal jika tidak mampu memanfaatkan media sosial dengan baik.
Bagaimana menurut Anda? Silakan berikan pendapat Anda di kolom komentar.
sumber: kompas.com