OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 08 September 2018

LSI Survei Pilpres di Pengguna Media Sosial, Hasilnya Pasangan Ini Berbalik Unggul!

LSI Survei Pilpres di Pengguna Media Sosial, Hasilnya Pasangan Ini Berbalik Unggul!

tribunnews.com

10Berita, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA kembali merilis hasil survei elektabilitas pasangan capres-cawapres untuk pilpres 2019. Kali ini, LSI membuat survei terhadap responden dari kalangan pengguna media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia: Facebook, Instagram, dan Twitter.

silvertoad.co.uk

Hasilnya, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno lebih unggul dari pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Prabowo-Sandi unggul di kalangan pengguna Instagram dan Twitter, sedangkan Jokowi-Ma'ruf hanya unggul di kalangan pengguna Facebook.

Berikut rincian hasil survei tersebut.

Pengguna Facebook

Jokowi-Ma'ruf: 41,6%

Prabowo-Sandi: 39,4%

Pengguna Instagram

Jokowi-Ma'ruf: 40,9%

Prabowo-Sandi: 42%

Pengguna Twitter

Jokowi-Ma'ruf: 34,3%

Prabowo-Sandi: 40%

Angka-angka tersebut bisa dibilang berkebalikan dengan rilis hasil survei LSI sebelumnya, dimana pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul mutlak atas Prabowo-Sandi dengan angka 52,2 persen berbanding 29,5 persen.

limawaktu.id

LSI mengungkapkan bahwa penggunaan media sosial akan menjadi salah satu faktor penting bagi kedua pasangan capres-cawapres untuk berkampanye dan menjaring suara. Dari hasil survei di atas, bisa dibilang bahwa sejauh ini Prabowo-Sandi lebih unggul dibanding Jokowi-Ma'ruf dalam hal menarik simpati pengguna media sosial.

Maka jika dimaksimalkan, bukan tidak mungkin Prabowo-Sandi akan mampu menjaring suara lebih banyak lagi, khususnya sewaktu masa kampanye resmi dibuka nanti. Sementara pasangan Jokowi-Ma'ruf bisa makin tertinggal jika tidak mampu memanfaatkan media sosial dengan baik.

Bagaimana menurut Anda? Silakan berikan pendapat Anda di kolom komentar.

sumber: kompas.com