OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 08 September 2018

Ma'ruf Amin Gembosi Prabowo. Rizieq, Yusuf Mansur, Arifin Ilham Tolak Dukung Jokowi

Ma'ruf Amin Gembosi Prabowo. Rizieq, Yusuf Mansur, Arifin Ilham Tolak Dukung Jokowi



Arifin Ilham dan Habib Rizieq

10Berita, Bakal calon wakil presiden Ma'ruf Amin terus menjalani perannya merebut dukungan ulama-ulama pendukung pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Ketua nonaktif MUI itu mencoba meraih dukungan ustaz Arifin Ilham.

Upaya menggembosi kekuatan Prabowo terus dilakukan Ma'ruf Amin. Caranya dengan mendekati ulama-ulama yang dekat dengan Prabowo-Sandiaga atau selama ini terkenal berseberangan dengan pemerintah. Mereka diantaranya, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab, ustaz Yusuf Mansur, ustaz Arifin Ilham, Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) dan Ustaz Abdul Somad.

Sebelumnya, Ma'ruf tercatat dua kali gagal membelokan dukungan Rizieq Shihab dan Yusuf Mansur. Pertama, Rizieq yang bermukim di Arab Saudi kabar menolak bertemu Ma'ruf Amin. Kedua, Yusuf Mansur berdalih memilih untuk berada di tengah dalam Pilpres 2019.

Ustaz Abdul Somad dan Ustaz Arifin Ilham

Hari ini, Ma'ruf menyambangi ustaz Arifin Ilham di Majelis Az-Zikra, Sentul, Jawa Barat pada Jumat (7/9). Dilansir CNN Indonesia, Ma'ruf mengatakan, kunjungan menyambangi sejumlah pondok pesantren dan tempat keagamaan menjadi agendanya setelah mendaftar jadi bakal cawapres bagi pendamping capres petahana Jokowi dalam Pilpres 2019.

Ma'ruf yang juga Rais Aam Nahdlatul Ulama (NU) ini didaulat sebagai khotib salat Jumat, menyempatkan diri singgah di rumah Arifin. Setelah itu, bersama pemimpin Majelis Az-Zikra tersebut, Ma'ruf beriringan berjalan menuju masjid. Namun, tak diketahui apa saja yang diperbincangkan dua tokoh utama itu dalam perjalananannya.

Prabowo dan Aa Gym

Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Rully Akbar menilai, sikap ulama akan menentukan perolehan suara bagi pasangan calon presiden dan wakil presiden. Ulama seperti Habib Rizieq Shihab Cs memiliki pengaruh besar menentukan suara umat Muslim.

Nama-nama seperti Rizieq, UAS, Arifin Ilham, Yusuf Mansur, hingga AA Gym, adalah tokoh-tokoh yang bisa memengaruhi suara umat Islam. Selama ini mereka berada di luar kekuasaan dan memilih berseberangan dengan pemerintah. Suara tokoh umat yang diwakili mereka akan menjadi salah satu amunisi bagi pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.(triaji)

Sumber :UC News