OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Sabtu, 29 September 2018

Membuat Rumah Minimalis Dengan Budget Minimalis

Membuat Rumah Minimalis Dengan Budget Minimalis

 
10Berita , Desain rumah minimalis dengan budget yang ekonomis merupakan solusi alternatif untuk mendapatkan rumah hunian yang layak. Tak jarang, mereka yang kreatif dapat mengeluarkan budget ekonomis dengan berbagai langkah inovatif untuk menghemat biaya dan bahan-bahan.

Rumah indah dan nyaman untuk ditempati keluarga adalah imipian setiap orang, selain itu suatu kebanggaan dan kebahagiaan ketika sudah berhasil memiliki rumah yang selama ini diidam-idamkan.

Untuk memiliki rumah impian tentunya tak sedikit budget yang dikeluarkan, bahkan orang rela mencicil rumah selama bertahun-tahun demi mendapatkan rumah impian.

Apalagi jika kita sendiri yang memberikan ide desain rumah dan ruangan tentu menjadi kepuasan tersendiri, agar rumah impian sesuai dengan gaya sendiri.

Referensi pihak ketiga

Dimana sekarang ini, gaya desain rumah minimalis menjadi salah satu konsep rumah yang menjadi gaya rumah yang banyak digemari masyarakat Indonesia saat ini.

Desainnya yang simpel dan sederhana menjadi salah satu alasan konsep desain rumah minimalis banyak diminati oleh berbagai kalangan. Maka tercipatlah rumah minimalis, karena hemat dalam penggunaan material dan lahan serta memiliki tampilan yang modern, dan hampir tidak ada bentuk rumit.

Dengan kata lain, setiap detail yang ada dalam desain rumah minimalis selalu memiliki fungsi tertentu bagi bangunan itu sendiri yang menunjukan estetika dari setiap sudut ruangan.

Sehingga rumah dengan desain ini dibangun dengan budget yang cukup ekonomis dan menjauhkan dari kata boros baik dari penggunaan bahan dan material. Bagi Anda yang ingin mempunyai rumah dengan desain minimalis baca artikel ini sampai habis ya!

Apa Itu Rumah Minimalis

Sesuai dengan namanya, rumah minimalis merupakan rumah yang coba dibangun dengan jenis material dan bahan bangunan seminimal mungkin, tetapi tetap menghasilkan desain rumah yang nyaman dan menarik secara estetika.

Rumah dengan desain minimalis biasanya menampakkan kesan polos dan tidak ada terlalu banyak ornamen, kecuali ornamen tersebut memang memiliki fungsi tertentu bagi bangunan.

Dengan kata lain, setiap desain dalam rumah minimalis selalu memiliki fungsi tertentu bagi bangunan itu sendiri, sehingga kita tidak khawatir akan pemakaian bahan yang berlebihan membuat kantong aman, namun rumah nyaman.

Desain Rumah Minimalis

Referensi pihak ketiga

Desain rumah minimalis sendiri biasanya memiliki ciri rumah sederhana dengan budget yang ekonomis namun tetap memiliki nilai keindahan sendiri dengan tata ruang yang luas.

Kemunculan desain rumah minimalis adalah sebagai mode pengaplikasian dari efisiensi pemakaian bahan bangunan serta berbagai furniture.

Bagi Anda yang mempunyai lahan sempit, rumah dengan desain minimalis adalah pilihan yang sangat cocok untuk diaplikasikan.

Memang menata rumah di lahan yang sempit menjadi sebuah tantangan tersendiri, untuk dapat menciptakan desain rumah yang mampu mengakomodir kebutuhan dan fungsi ruang bagi penghuni rumah sebagai pelaku aktivitas dalam ruangan.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa desain minimalis dapat diaplikasikan dalam rumah dengan kondisi yang berbeda. Semua desain tergantung gaya dan keinginan si pemilik rumah.

Referensi pihak ketiga

Selain itu, pilihan material yang dapat digunakan bermacam-macam. Untuk menciptakan desain dengan tampilan minimalis, beberapa material berikut dapat digunakan antara lain beton, batu bata (ekspose), cat, kayu, batu alam, kaca, baja, dan lain-lain.

Akan tetapi, dalam penggunaannya di lapangan, biasanya tidak semua material digunakan. Hanya satu atau dua jenis material yang digunakan sehingga nantinya desain rumah tidak terkesan ramai.

Biasanya material yang dipilih adalah material yang mempunyai lebih dari satu fungsi, misalnya kaca besar dipilih untuk membuat ruangan tampak lebih luas, cat dengan warna dasar dan tidak mencolok membuat terkesan simple dan santai.

Beberapa tahun belakangan ini rumah minimalis dengan berbagai tipe menjadi pilihan bagi sebagian orang, alasannya tentu karena harganya yang lebih murah atau memang berdasar pada karena keinginan orang tersebut untuk memiliki rumah dengan keindahan estetika dengan desain rumah minimalis.

Desain rumah minimalis memang bisa terlihat elegan layaknya rumah mewah jika didesain dengan tepat.

Tips Membuat Desain Rumah Minimalis

Berikut adalah hal-hal yang membuat desain rumah Anda lebih minimalis

Furnitur yang punya multifungsi

Dengan desain rumah minimalis semua dapat menjadi ekonomis. Begitu pun dalam mendekorasi ruangan, Anda dapat membuat ruangan terlihat rapih dengan furniture yang multi fungsi.

Misalnya meja utama di ruang TV minimalis bisa juga diganti dengan meja samping kecil, rak buku vertikal, hingga menggunakan kursi sofa yang berbahan keras sebagai tempat menaruh benda-benda penting saat menggunakan ruang TV minimalis.

Memperhatikan pencahayaan ruangan

Pencahayaan menjadi sangat penting dalam ruangan, dimana pengaruh yang besar terhadap ruangan tersebut, beberapa di antaranya adalah menciptakan ilusi ruang yang lebih lega dan memberikan kenyamanan bagi penghuninya.

Desain rumah minimalis bisanya memanfaatkan cahaya matahari sehingga terlihat jendela yang besar dan lebar dimana cahaya membuat ruanganterasa lebih luas dan juga tidak suram bahkan sumpek.

Pisahkan area ruangan

Memang desain rumah dengan gaya minimalis sangat sulit memberikan sekat karena luas yang terbatas. Meskipun luas ruangan terbatas bukan berarti tidak ada solusi alternatif untuk pemberi sekat kepada setiap ruangan.

Agar terlihat rapi ruangan diberi sekat. Misalnya menggunakan material sifatnya semi permanen seperti lemari rak buku, meja atau tirai.

Gunakan furnitur sesuai dengan ukuran dan fungsi

Cerdas memilih funitur untuk rumah dengan gaya desain minimalis. Pemilihan furnitur minimalis harus didasari dengan pertimbangan ukuran dan fungsi. Seperti dalam pemilihan sofa, tidak dianjurkan memakai sofa dengan ukuran besar, kecuali itu hanya satu saja dan sudah diperhitungkan dengan luas ruangan.

Anda bisa memperimbangkan ottoman yang mempunyai banyak fungsi, selain tempat duduk, ottoman juga dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan yang ringkes.

Dinding sebagai dasar dekorasi

Sebagai dasar dekorasi rumah dengan gaya minimalis kita bebas berkreasi, namun mendekorasi tidak melulu harus dengan jam, foto lukisan dan sebagainya, alternatif lain yang dapat diterapkan dalam dekorasi yaitu dengan wallpaper dinding yang unik dan menarik sebagai pemanis ruangan.

Pilih pajangan dinding yang simple

Dinding menjadi alternatif untuk mendekorasi rumah dengan desain minimalis, pajangan seperti jam dinding, bingkai foto, atau lukisan. Menggantungkan pajangan di dinding dalam susunan simetris akan membuatnya terlihat rapi.

Sebaliknya, menggantungkan pajangan di dinding dalam susunan acak bisa menciptakan kesan yang lebih dinamis dan kreatif. Anda bebas menentukan susunan pajangan sesuai dengan keinginanmu karena keduanya sama-sama mempercantik dekorasi rumah minimalis.

Namun tetap harus memperhatikan kerapihan, tidak terlalu padat dan rapat.

Penataan ruang yang baik

Penataan sendiri identik dengan memadupadankan antara satu item dengan item lainnya, ini mengacu pada konsep rumah minimalis itu sendiri.

Misalnya dengan gaya green, ada satu atau tanaman disimpan di ruang tamu. Namun, Anda harus piawai dalam memilih jenis tanaman dan penataan tersebut, agar tidak mengganggu aktivitas dan tidak mengganggu.(hendra_widya)

Sumber: mural.id/blog/desain-rumah-minimalis/