OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Jumat, 28 September 2018

Mengejutkan, Dukungan Gusdurian ke Jokowi; Shalat Istikharah 9 Kyai dan Kebohongannya

Mengejutkan, Dukungan Gusdurian ke Jokowi; Shalat Istikharah 9 Kyai dan Kebohongannya


10Berita, Gedung Dalem. Kebenaran harus diungkapkan meskipun menggelitik, itulah sepenggal kata yang terus dipegang dalam mengupayakan kejujuran. Katakan kejujuran meskipun hasilnya pahit. Hal ini berkaitan dengan dukungan Yenny Wahid kepada Jokowi - Ma'ruf Amin yan dinilai politis dan pragmatis.

Dilansir dari laman Detik.com (27/09/18) sebenarnya tak kaget dengan dukungan Yenny Wahid ke Jokowi dan Ma'ruf Amin mengingat Ma'ruf Amin adalah rais 'am NU sedangkan Yenny adalah anak dari Gusdur yang keseluruhan adalah orang NU.

Tribunnews.com

Namun, sedari awal memang sebenarnya sudah kesana dukungannya dan seolah memelintir kata. Pertama ketika diminta jadi tim sukses Prabowo, Yenny Wahid menolak karena masih harus shalat istikharah dan menunggu 9 konsorsium kader Gusdur musyawarah terlebih dahulu sehingga memutuskan mendukung Jokowi.

Hal itu dibantah sendiri oleh Jokowi kepada media setelah ditanya tentang dukungan Yenny Wahid dan 9 konsorsium Gusdur dan beberapa Kyai Jawa Timur. Jokowi semangat sekali menghadapi Pilpres setelah arah dukungan Yenny kepadanya, namun ketika ditanya hal itu Jokowi mengatakan, "Ya alhamdulillah, karena memang Mbak Yenny sejak awal sudah menyampaikan kepada saya. Hanya, 'Pak mohon menunggu momentum yang pas'. Ya saya rasa sudah disampaikan langsung oleh beliau," kata Jokowi seperti yang dilansir Detik.com (27/09/2018).

Detik.com

Kata-kata ini sungguh menyakitkan kader NU, dimana Yenny pernah mengatakan bahwa dukungannya sudah pasti ke Jokowi dan hanya menunggu momentum yang pas yaitu saat masa kampanye, sudah jauh-jauh hari dukungan ke Jokowi, namun berbohong dengan istikharah dan 9 konsorsium Gusdur rapat.

Artinya, gak ada artinya shalat istikharah dan musyawarah karena sedari awal sudah ke Jokowi. Menunggu waktu yang tepat agar kubu Prabowo - Sandi semakin tak berdaya karena sudah datang berulangkali ke Yenny Wahid memintanya jadi pendukung karena sedari awal memang sudah ke Jokowi.

Hal itu pun sebenarnya sudah disadari Prabowo sedari awal, namun kunjungannya ke tempat Gusdur adalah dalam rangka menjalin persatuan karena banyak para Gusdurian yang sudah merapat padanya. Prabowo pun mengatakan bahwa Tak masalah Mbak Yenny ke Jokowi, itu hak dia sejak awal sudah tahu.

Tribunnews.com

Yenny sebelumnya mengatakan ke media, dengan mengucap Basmallah dia dan rekan-rekan dukung Jokowi dan ingin Jokowi memimpin negeri ini kembali.

Jadi kebohongan semata shalat istikharah dan musyawarah 9 konsorsium Gusdur karena hanya sebatas politis dan pragmatis semata. Sungguh, seharusnya lebih baik jujur karena shalat istikharah artinya tak berat sebelah dan memohn meminta yang terbaik bukan memaksa sudah memutuskan yang jadi kehendaknya.

Sumber :UC News