tirto.id (Prabowo-Sandiaga Uno)
10Berita, Imam Besar NU Garis Lurus, KH Luthfi Bashori mendeklarasikan dukungan pilpres 2019 ke pasangan capres dan cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno. Deklarasi dukungan ini merupakan salah satu hasil musyawarah intern para aktivis Komunitas Garis Lurus di Jombang.
“Sesuai dengan hasil musyawarah intern para aktivis Komunittas Garis Lurus, maka kami bersepakat pada pilpres 2019 mendukung pasangan Prabowo-Sandi,” ujar KH Luthfi, seperti yang dilansir di hariansuara.com (28/10/18).
suaranasional.com (Imam Besar NU Garis Lurus, KH Luthfi Bashori)
Kendati begitu, KH Luthfi menegaskan, warga NU di luar Komunitas Garis Lurus bebas memilih capres dan cawapres mana pun pada pilpres 2019 sesuai hari nurani masing-masing. Hal ini juga merupakan kesepakatan bersama para aktivis yang tergabung dalam Komunitas Garis Lurus.
“NU tidak berafiliasi kepada capres mana pun dalam pilpres 2019. Warga NU dipersilakan untuk memilih capres sesuai hati nurani masing-masing,” lanjut Luthfi, seperti yang dilansir di rilis.id (28/10/18).
suara.com (para capres dan cawapres dalam pilpres 2019)
Adapun hasil kesepakatan bersama dalam musyawarah itu ialah organisasi NU kembali ke khittah 1926, yakni mengikuti ajaran para ulama salaf dan tidak tergiur dengan pemikiran baru yang bertentangan dengan nilai-nilai NU.

Sumber :