Sumber: wow.tribunnews.com/amp/2017/12/24/hati-hati-wisatawan-di-jogja-dipaksa-tukang-becak-beli-di-suatu-toko-hingga-bertindak-kasar (18/10/18)
10Berita  - Yogyakarta atau yang sering disebut dengan Jogja adalah salah satu daerah yang memiliki banyak objek wisata, baik yang mainstream maupun yang anti mainstream. Hal ini yang membuat para wisatawan berkunjung ke Jogja karena tempat wisatanya yang bagus dan menarik hati. Tidak hanya itu, fasilitasnya pun lengkap sehingga anda akan merasa nyaman saat berkunjung ke sana.
Lantas, tempat wisata apa saja yang indah dan patut dikunjungi di Jogja? Berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata di Jogja, yang wajib dikunjungi, antara lain:
1. Hutan Mangrove Kulon Progo
Sumber: hallomuslim.com/hutan-mangrove-kulonprogo-keindahan-yang-tersembunyi-dari-yogyakarta/ (18/10/18)
Tempat wisata pertama yang wajib dikunjungi adalah Hutan Mangrove Kulon Progo. Hutan Mangrove ini berdekatan dengan Pantai Congot. Keindahan hutan mangrove ini sungguh menawan, di tambah di tengahnya ada jembatan bambu yang membuat suasana terasa sangat alami. Untuk berkunjung ke sana, anda bisa langsung pergi ke Pasir Mendit, Jangkaran, Temon, Kabupaten Kulon Progo. Harga tiket masuknya pun cukup terjangkau, dimana anda cukup membayar sekitar Rp 4.000 dan biaya parkir Rp 2.000.
2. Kedung Pengilon
Sumber: amp.kompas.com/travel/read/2016/02/24/200800227/Air.Terjun.Kedung.Pengilon.Bisa.Bercermin.di.Air.Saking.Jernihnya (18/10/18)
Kedung Pengilon ini berada di Dusun Petung, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Bantul. Lokasinya yang jauh dari pusat kota, membuat air terjun ini jarang di kunjungi oleh para wisatawan. Suasananya yang disajikan di air terjun ini masih sangat asri ala pedesaan. Tidak hanya itu, airnya pun cukup bersih dan jernih sehingga membuat anda tambah betah di sini. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan di bawahnya terdapat kolam air berwarna biru kehijauan, yang semakin menambah keindahan tempat wisata yang satu ini.
3. Pantai Drini
Sumber: visitingjogja.com/12413/pantai-drini/ (18/10/18)
Pantai Drini ini berada di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Hal yang menjadi daya tarik di pantai ini adalah adanya sebuah pulau kecil di tengahnya yang membagi pantai menjadi dua bagian yang memiliki karakter berbeda. Di sebelah barat, anda bisa melihat pelelangan ikan sedangkan di sebelah timur, anda bisa melihat hamparan pasir putih yang cantik dengan ombak yang pelan di tambah ikan warna-warni yang berenang di antara terumbu karang. Disini ada pula gazebo yang bisa anda gunakan untuk berteduh sembari menikmati suasana pantai sambil menunggu pesanan ikan bakar.
4. Goa Ngeleng
Sumber: www.xplorewisata.com/2016/09/caving-goa-ngeleng.html?m=1 (18/10/18)
Goa Ngeleng ini berada di Giring, Paliyan, Kabupaten Gunung Kidul yang sebenarnya termasuk goa horizontal. Tapi karena atap di bagian tengahnya runtuh sehingga membentuk sebuah cekungan maka goa ini menjadi seolah goa vertikal. Pada cekungan ini, ditumbuhi banyak vegetasi yang cukup lebat dan didominasi oleh tumbuhan liana, supplier, dan paku-pakuan serta terdapat aliran sungai yang cukup deras di dalamnya. Jika anda berkunjung kesini, anda perlu membawa masker karena di dalam goa ini terdapat puluhan kelelawar dan kotorannya yang menimbulkan bau tidak sedap.
5. Air Terjun Gedad
Sumber: www.gunungkidulku.com/2017/02/pesona-air-terjun-gedad-playen.html?m=1 (18/10/18)
Air Terjun Gedad ini berada di Dusun Gedad, Banyusoco, Playen, Kabupaten Gunung Kidul. Daya tarik dari wisata ini adalah aliran airnya yang deras dan jernih serta adanya bebatuan kapur yang dilalui air yang nampak begitu eksotis dengan kilauannya. Di pinggirnya, tedapat pepohonan menjulang tinggi yang semakin menambah keindahannya. Untuk tiket masuknya, anda cukup merogoh kocek sekitar Rp 5.000 saja.
6. Hutan Pinus Mangunan Dlingo
Sumber: www.joglowisata.com/tempat-wisata-terhits-instagram-hutan-pinus-mangunan.htm (18/10/18)
Hutan Pinus Mangunan Dlingo ini berada di desa Mangunan, Dlingo, Bantul. Pohon-pohon pinus di sini menjulang tinggi, yang memberikan kesan bagus. Pohon-pohon tinggi di sini bisa dijadikan pula sebagai latar untuk mengambil foto. Ditambah lagi, ada pula fasilitas pendukung dengan adanya panggung dan bangku-bangku yang didesain setengah lingkaran. Tempat wisata yang satu ini sering dijadikan sebagai lokasi foto prewedding ataupun shooting video klip iklan. Untuk tiket masuknya masih gratis, anda hanya perlu membayar parkir sekitar Rp 3.000-Rp 10.000.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Jogja, yang instagrammable dan wajib anda kunjungi. Jika anda memiliki kesan dan pesan untuk artikel ini, silahkan tulis pendapat anda di kolom komentar. Jika UCers semua menyukai artikel ini, silahkan klik "ikuti" dan "sukai". Terima kasih sudah mau membaca artikel ini. Semoga bermanfaat!

Sumber:
malaspulang.com/6-tempat-wisata-di-jogja-terindah-dan-hits-wajib-di-kunjungin-nih/amp/