10Berita, Tempat wisata di Jawa Barat menyebar di seluruh bagian Jawa Barat. Dari mulai perkotaan hingga mulai pegunungan juga pedesaan.
Selain itu daerah ini juga dikenal sebagai daerah yang murah meriah untuk berwisata, Dan banyak di cintai oleh para pengunjung.
Provinsi yang terletak di Jawa bagian Barat ini memang menawarkan beragam pilihan wisata yang menarik dan unik.
Karena itu, wajar jika banyak pelancong yang rindu dan berkali-kali datang ke Jawa Barat untuk berwisata. Berikut beberapa lokasi wisata yang sebaiknya kalian kunjungi di Jawa Barat.
Buatlah daftar tempat wisata di Jawa Barat di buku catatan perjalanan kalian untuk segera dikunjungi. Minimal sekali dalam seumur hidup. Nikmatilah udara segar Jawa Barat.
Udara sejuk tersebut tentu saja dihasilkan dari banyaknya pegunungan. Semakin membuat suasana asri, alami dan elok. Selain wisata alam.
Pengunjung juga banyak yang menikmati wisata kuliner, wisata pantai, dan beragam wisata lainnya. Dengan kemasan modern ataupun tradisional.
Berikut 10 Rekomendasi destinasi yang bisa anda dikunjungi:
  1. Kawah Putih Bandung
tempatwisatakeluarga.com
Siapa yang tidak mengenal Kawah Putih Bandung? Tempat wisata Jawa Barat dikenal sebagai lokasi wisata yang sangat indah dan mengesankan. Kawah Putih Bandung ini satu di antara banyak tempat wisata pegunungan Jawa Barat.
Karena terletak di puncak gunung Patuha, Ciwidey, Bandung Selatan. Karena letaknya ini, wajar jika udara di sekitar Kawah Putih Bandung ini sangatlah dingin, yakni sekitar 8-22 derajat.
Selain Kawah Putih yang mengagumkan. Perjalanan menuju lokasi objek wisata ini juga tidak kalah cantik. Kalian bisa menikmati perkebunan teh tua dengan suasana yang berbeda dengan suasana perkebunan teh pada umumnya.
Misalnya perkebunan di Kawasan Lembang atau puncak. Keunikan yang tidak ada di lokasi lain. Yakni suasana di atas danau kawah yang diselimuti dengan kabut tebal dengan warna air danau yang coklat atau putih susu.
Namun jika suasana panas, air danau seringkali berubah warna biru kehijauan.

2. Kawah Putih Cibodas, Garut
Tempatwisatakeluarga.com
Beranjak dari Bandung. Wisata Jawa Barat Garut juga tidak kalah menarik. Masih bertemakan kawah. Ternyata kawah putih tidak saja terdapat di Bandung, namun juga terdapat di Garut.
Yakni Telaga Bodas yang terdapat kawah berwarna putih serta hijau toska. Perpaduan warna tersebut begitu memikat.
Sehingga banyak pengunjung yang jatuh cinta dan datang berkali-kali ke tempat ini. Jika kalian hendak ke tempat ini, datang saja ke kecamatan Pangatikan dan Wanaraja .
Talaga Bodas ini menyuguhkan pemandangan-pemandangan yang sangat menawan dan cantik. Dengan udara yang sangat segar, juga perbukitan yang mempesona.
Tempat ini juga menyediakan tempat untuk pengunjung menikmati fasilitas rendam air hangat. Karena Talaga Bodas ini mengandung belerang tinggi dan sangat dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit yang ada.
Selain itu, tentu saja untuk berselfie ria bersama orang-orang tercinta. Untuk mengambil pemandangan yang bagus. Tempat wisata ini juga sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga.
Selain fotografi, berbagai aktivitas atau kegiatan juga bisa dilakukan di sini. Misalnya berendam dengan air panas, hiking, treking, berkemah dan beragam aktivitas lainnya.

3. Green Canyon, Bandung
Tempatwisatakeluarga.com
Adapula tempat wisata di Bandung yang tidak kalah menarik misalnya Green Canyon, Bandung. Yang terletak di Desa Kertayasa, Pangandaran.
Tempat ini merupakan tempat wisata alam dengan beragam pesona yang mengagumkan. Dengan berbagai keindahan bebatuan seperti stalaktit.
Di balik tebing-tebing yang menjulang tinggi. Terdapat Sungai Cijulang di bawahnya. Selain itu pengunjung juga bisa menikmati telusur gua sembari mengambil berbagai foto yang menarik.
Di lokasi ini, kalian juga bisa melakukan body rafting untuk menelusuri sungai sekitar 3 km.

4. Pantai Ujung Genteng
Tempatwisatakeluarga.com
Kemudian, mari kita menikmati objek wisata pantai di Jawa Barat. Yang perlu kalian coba sesekali dalam seumur hidup kalian. Selain daya pikat keindahan alam dan hiburan.
Rupanya Jawa Barat juga memiliki deretan pantai yang indah serta berpasir putih. Sebut saja Pantai Ujung Genteng yang terletak di Sukabumi yang memiliki 6 pantai cantik dengan air yang bersih dan jernih.
Pemandangan lain yang terdapat di pantai ini yakni pemandangan sunset yang sangat eksotis. Bahkan bisa dibilang momen sunset di pantai ini menjadi hidden paradise tersendiri.
Selebihnya, bagi pengunjung yang tertarik dengan selancar. Kalian juga bisa mencobanya di sini. Karena pantai ini terkenal memiliki ombak yang besar sehingga cocok bagi para pecinta selancar.
Di pantai ini juga terdapat penangkaran penyu hijau tentu saja kalian bisa menyaksikan hewan tersebut secara langsung ketika bertelur.
5. Telaga Remis Kuningan
Tempatwisatakeluarga.com
Kembali lagi ke wisata telaga di Jawa Barat yang bisa kalian temui. Telaga Remis di kaki Gunung Ciremai atau sekitar 137 km dari kota Kuningan.
Telaga Remis ini cukup populer di kalangan para pecinta travelling karena keindahannya yang tidak tergantikan.
Jika kalian berangkat dari Cirebon, perjalanan akan lebih cepat dan hanya menempuh perjalanan sekitar satu jam perjalanan dengan sepeda motor.
Meskipun jalan yang harus ditempuh untuk mencapai tempat ini cukup berkelok, namun cukup halus dan mudah untuk dilalui. Sembari menunggu sampai ke tujuan.
Kalian juga bisa menikmati indahnya pemandangan. Tentunya dengan kesejukan khas Jawa Barat yang dikelilingi pepohonan rimbun. Untuk mendapatkan suasana yang romantis, kalian juga bisa mengitari danau ini dengan menggunakan perahu bebek.
Selain itu, jika kalian lapar kalian juga bisa berwisata kuliner. Sembari icip-icip makanan khas Kuningan Jawa barat atau makanan Sunda. Tidak jauh dari tempat ini.
Kalian bisa menjumpai komplek Telaga Nilam yang menyediakan banak cottage yang bisa kalian sewa beserta pemandian air panas.
6. Taman Air Mancur Sri Baduka
Tempatwisatakeluarga.com
Jika kalian pernah mendengar adanya air mancur yang menari di Monas Jakarta. Kalian juga bisa menyaksikan hal serupa dan lebih bagus di Purwakarta. Coba saja datang ke taman air mancur di Purwakarta.
Taman ini bernama Taman Air Mancur Sri Baduga. Dan di anggap sebagai taman air mancur terbesar di Asia Tenggara. Letaknya, kalian bisa mengunjunginya di kawasan Situ Buleud dan menyaksikan air mancur yang menari menyesuaikan irama musik.
Air mancur yang memiliki 100 buah pipa air tersebut mampu memancarkan air setinggi 10 meter. Sangat indah dengan warna-warni yang menarik hati.
Sayangnya, pertunjukan air mancur spektakuler ini hanya terdapat pada malam Minggu saja. Sedangkan pada hari-hari biasa, kalian bisa menikmatinya dengan efek biasa.
Namun demikian pengunjung yang datang tidak kalah banyak dengan hari Minggu.
7. Kampung Naga Tasikmalaya
Tempatwisatakeluarga.com
Tempat wisata selanjutnya merupakan tempat wisata Jawa Barat murah meriah yang terletak di Desa Neglasari, tasikmalaya.
Dengan sajian arsitektur rumah yang masih terjaga keasliannya. Penduduk di Kampung ini menolak intervensi dan memilih untuk mennjaga warisan leluhur mereka.
Karena itu kampung ini kemudian justru memberikan rezeki sendiri. Karena berbeda dengan kampung-kampung lainnya.
Bahkan, atap rumah di kampung ini sangat sederhana dan hanya terbuat dari ijuk yang kebetulan dikelilingi persawahan hijau. Untuk bisa sampai ke sini.
Kalian bisa melewati 439 anak tangga sehingga cukup menguras keringat. Dan cocok bagi kalian yang jarang berolahraga atau untuk kalian yang menginginkan berat badan turun.
Namun, kelelahan tersebut akan terbayar jika kalian sudah sampai tujuan dan mendapati rumah yang tidak pernah dikunci. Dengan begitu, kalian bisa melihat Sunda zaman lalu.
Atau setidaknya kalian bisa membayangkan bagaimana rupa masyarakat Sunda di zaman kerajaan-kerajaan. Kalian pun tidak akan ditarif tiket sepersenpun untuk bisa memasuki daerah ini.
Karena itu datang ke daerah ini merupakan wisata yang murah meriah. Tetapi dengan terlebih dahulu mendapatkan izin dari tetua setempat.
8. Taman Bunga Nusantara
Tempatwisatakeluarga.com
Jawa barat tempat menarik bagi siapapun. Apalagi bagi kalangan muda-mudi yang sedang asyik menjelajah berbagai tempat sembari memosting beragam foto di lini sosial-media.
Kali ini, tempat wisata yang asik dikunjungi yakni Taman Bunga Nusantara. Sebuah taman bunga dengan udara yang sejuk dan berada di daerah pegunungan.
Meski demikian, taman bunga ini sangat asyik untuk dijadikan tempat bermain atau beragam kegiatan. Jika kalian tertarik, datang dan siapkan uang Rp 30,000 untuk membeli tiket masuk per orang.
Selebihnya tentu kalian harus menanggungnya sendiri. tempat ini terdiri dari beragam bunga yang cantik dengan penuh warna. Sangat cocok untuk kalian jadikan tempat libur keluarga. Sembari mengenalkan aneka macam bunga kepada si kecil.

9. Curug Cikaso
Tempatwisatakeluarga.com
Tempat wisata selanjutnya yakni Curug Cikaso yang terletak di Desa Ciniti, Sukabumi Selatan dengan keindahan air terjunnya tidak diragukan lagi.
Tempat ini terdiri dari tiga air terjun yang berdampingan dimana kolam di bawahnya memiliki warna air biru kehijauan.
Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter serta lebar tebing 100 meter dengan pemandangan limpahan air yang elok dan menawan.
10. Pemandangan Waduk Jatiluhur Purwakarta
Tempatwisatakeluarga.com
Purwakarta mungkin memang bukan tempat yang populer dengan tempat wisatanya dibandingkan dengan Bandung dan lain-lainnya. Namun jangan salah, kalian juga bisa melihat beragam pemandangan cantik ketika menjejakkan kaki di Gunung lembu.
Tempat ini berada di puncak gunung di sekeliling Waduk Jatiluhur yang paling mudah diakses dengan ketinggian hanya 700 meter di atas permukaan laut. Dibandingkan dengan gunung lainnya di Jawa. Gunung Lembu memang tidak terlampau tinggi untuk didaki. Namun tentu saja untuk bisa mencapai puncak kalian harus menaklukkannya dengan sangat keras. Para pendaki biasanya membutuhkan waktu hingga 3 jam untuk trekking menuju puncak.
Pandaki bahkan diharuskan untuk melintasi hutan bambu yang cukup lebat dengan lereng curam atau sekitar 45 derajat. Karena itu sangat dianjurkan agar tidak mendaki Gunung Lembu saat musim penghujan karena tentu saja kondisi tanah berlumpur bisa membuat perjalanan semakin berat.
Namun, berbagai hambatan tersebut akan lunas kalian bayar ketika kalian sampai ke Batu lembu dan melihat panorama waduk jatiluhur dan gunung-gunung sekitarnya.
Sumber : Tempatwisatakeluarga.com