Referensi pribadi
10Berita  Sekretaris Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memiliki jarak yang kentara dengan rakyat. Karena keduanya merupakan keturunan dari keluarga pengusaha yang kaya raya. Dan hal itulah yang yakini Hasto kalau kampanye Prabowo-Sandiaga ke pasar-pasar dan ibu-ibu tidak akan berdampak sama sekali bagi elektabilitas keduanya di Pilpres 2019.
Berbeda dengan Jokowi-Ma'ruf, yang menurut Hasto memang mewakili kesetaraan pemimpin dengan masyarakat, karena kedua sosok ini bukan pengusaha kaya atau anak orang kaya, itu artinya Jokowi dan Ma'ruf merupakan pemimpin yang secara legitimasi berproses dari bawah. Wajar saja jika gaya kepemimpinan Jokowi selama ini sangat merakyat dan sangat dicintai rakyat.
Pernyataan Hasto Kristiyanto ini tentu menjadi serangan bagi kubu Prabowo. Karena secara langsung merendahkan dan menyudutkan pasangan nomor urut 02 ini. Sehingga memantik serangan balik dari Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Ferry Juliantono.
Tak tanggung-tanggung Ferry Juliantono menganggap Jokowi sebagai penghianat rakyat, karena seringkali membuat kebijakan yang sangat merugikan masyarakat. Misalnya, berupa impor beras dan gula serta mendatangkan pekerja asing dari China.
"Sebaliknya orang biasa dengan penampilan merakyat tapi tindakan dan kebijakannya justru merugikan rakyat seperti impor beras, gula, garam dan mendatangkan buruh murah dari China, Justru adalah pengkhianat rakyat," tutur Ferry 
Lebih jauh Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu menyebut justru Prabowo-Sandi yang benar-benar merakyat. Hal itu bisa dilihat dengan kedekatan Prabowo dengan para petani. Selain itu posisi Prabowo sebagai Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI). Merupakan bukti kalau Prabowo sangat merakyat. Apalagi Prabowo adalah seorang mantan TNI yang sangat identik dekat dengan berbagai komponen masyarkat.
Begitu juga dengan Sandiaga Uno yang sudah lama menjadi ketua umum asosiasi pedagang pasar. Itu artinya peran Sandiaga Uno juga bersifat merakyat. Jadi salah besar jika Hasto menuding kalau Prabowo-Sandiaga tidak merakyat. Nah bagaimana tanggapanya kawan-kawan?

Sumber :
m.cnnindonesia.com/nasional/20181017120816-32-339165/tim-prabowo-sebut-jokowi-penampilan-merakyat-kebijakan-tidak