sayur via islamidia.com
10Berita, Makan rasanya gak lengkap jika tanpa sayur, sayur adalah makanan yang punya banyak kandungan untuk kesehatan tubuh. gak hanya itu, ternyata 3 jenis sayur seperti berikut bisa digunakan untuk mencegah kanker loh.
3 Sayur ini mempunyai rasa pedas yang kaya akan nutrisi dan juga dapat melawan sel kanker. yuk simak berikut!
1. Kucai

kucai via tiaragatzu.com
Kucai adalah salah satu jenis sayuran yang kaya akan nutrisi, selain memiliki protein dan lemak, kucai juga sangat kaya akan kandungan vitamin dan mineral.
Pada setiap 100 gram kucai punya kandungan 235 mikrogram vitamin A, 1410 milligram karotin, dan 247 milligram kalium.
Nah, fungsi dari vitamin dan karotin? Vitamin dan karotin berguna untuk meningkatkan penglihatan, meredakan mata yang kelelahan, terutama bagi orang yang seharian beraktivitas di depan komputer.
Kandungan karotin yang tinggi sangat berguna untuk peningkatan daya tahan tubuh, mencegah tumor, mencegah oksidasi, mencegah penuaan dan masih banyak lagi manfaatnya.
Makanan yang punya kandungan kalium tinggi juga sangat cocok bagi penderita darah tinggi.
Menurut dokter tradisional Tiongkok, kucai sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan hati dan lambung.
Kucai juga punya kandungan seperti minyak atsiri dan kandungan khusus lainnya yang mengeluarkan rasa pedas yang khas, itu berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan dan membantu pencernaan.
Cara makan:
  1. Kucai sangat cocok untuk di tumis,dan dijadikan lauk ataupun sebagai isi pangsit
  2. Kucai matang yang sudah dibiarkan satu hari, tidak boleh dimakan lagi
  3. Bila di gabung dengan udang, itu bisa menghasilkan protein yang tinggi. Kandungan serat kucai dapat meningkatkan kerja lambung dan usus, sehingga membuat pencernaan lancar
2. Bawang Putih

bawang putih via tribunnews.com
Bawang putih memiliki banyak kandungan gizi yang tinggi. Seperti kandungan kreatin dapat membantu kerja otot, serta vitamin B1 dapat menghilangkan rasa lelah dan meningkatkan energi.
Manfaat bawang putih juga sangat banyak bagi kesehatan tubuh seperti membantu metabolisme, mnurunkan kolesterol dan trigliserida, dan juga berguna untuk menurunkan tekanan darah dan gula darah. ini sangat cocok dikonsumsi bagi penderita darah tinggi dan diabetes.
Kebanyakan orang takut untuk sering mengonsumsi bawang karena takut mengeluarkan bau yang tidak sedap, Namun peneliti merekomendasikan cara yaitu mengunyah daun teh setelah makan bawang putih.
Ataupun, minum susu hangat dan simpan didalam mulut sementara, baru pelan-pelan ditelan, ini juga cara yang ampuh untuk menghilangkan bau bawang.
Sebenarnya yang kita harus perhatikan disaat makan bawang putih bukanlah bau nafas. namun, bagi orang yang kondisi tubuhnya lebih lemah, sekali makan jangan cukup 1-2 butir.
Bawang putih lebih baik dimakan di pagi atau siang hari, karena memakan bawang putih disaat malam hari dapat merangsang hidung, tenggorokan dan mukosa lambung.
3. Daun Bawang

blog.daddystakoyaki.com/manfaat-daun-bawang-untuk-kesehatan
Daun bawang memang dikenal hanya sebagai penambah rasa aja, akan tetapi daun bawang juga bisa dijadikan sebagai obat pencegah kanker dan penyakit lainnya loh.
Dapat dimasak dengan cara digoreng ataupun ditumis. Di Asia bagian Selatan, daun bawang banyak digunakan sebagai bumbu sehari-hari, biasanya juga dicampur dalam hidangan yang dingin.
  1. Penurun suhu tubuh, ekspektoran: minyak dalam daun bawang memiliki banyak manfaat yang bagus, dapat merangsang kelenjar keringat sehingga dapat menurunkan suhu badan yang tinggi.
  2. Membantu melancarkan pencernaan: daun bawang juga memiliki kandungan yang dapat membantu melancarkan pencernaan serta meningkatkan nafsu makan.
  3. Anti bakteri dan anti virus: kandungan allicin dalam daun bawang memiliki peran aktif dalam menangkal bakteri maupun virus, terutama untuk shigella dan jamur kulit, daun bawang dapat menghambat pertumbuhan mereka.
  4. Penangkal kanker: daun bawang memiliki kandungan yang dapat menurunkan peluang terjadinya kanker usus besar, kandungan allicin dalam daun bawang juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.
Daun bawang juga sangat cocok untuk dimakan oleh siapa saja.
Cara makan:
Mengkonsumsi daun bawang setiap hari sangat berguna. Daun bawang dapat di makan mentah, di taburkan dalam hidangan dingin, ataupun dijadikan sebagai pelengkap rasa.
Dapat juga digunakan untuk mengurangi berbagai bau amis yang ada pada makanan seperti daging dan bau lainnya, untuk makanan yang agak tawar, daun bawang juga dapat dijadikan sebagai penguat rasa.
Nah, Sobat UCers udah tau nih manfaatnya, jangan lupa selalu disediakan ya bahannya dirumah untuk menambah rasa masakan sekaligus mencegah berbagai penyakit yang akan menyerang tubuh.
Itulah artikel kali ini semoga bisa bemanfaat. Jangan lupa terus ikuti dengan klik tombol follow. Makasih dan Wassalam!!!
Sumber Referensi :
Www.islamidia.com
Www.cerpen.co.id