OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 31 Januari 2019

Anies Puji Etika dan Adab Tiga Cawagub DKI yang Diusulkan PKS

Anies Puji Etika dan Adab Tiga Cawagub DKI yang Diusulkan PKS

10Berita  JAKARTA–Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memuji tiga kandidat calon pendampingnya yang diusulkan PKS untuk menjadi pemprov DKI Jakarta.
Meski sudah resmi diusulkan, ketiga calon itu tidak ada yang melakukan lobi-lobi politik kepada Anies. Anies pun menilai ketiga Cawagub tersebut menjaga etika dan adab, karena hanya menaati proses yang ada.

“Menurut saya, jadi salah satu yang menarik bahwa kader-kader PKS yang diusung itu menjaga adab, menjaga etika. Bahwa mereka menaati proses itu. Jadi tidak ada kemudian lobi-lobi kanan-kiri, itu sama sekali tidak ada. Justru ini yang menurut saya merupakan nilai tambah,” ujar Anies disela-sela acara konsolidasi nasional PKS di Hotel Grand Sahid Jaya, Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (30/1/2019).
Lebih jauh, Anies menilai ketiga cawagub yang diusung PKS merasa jabatan adalah sebuah amanah dan bukan perebutan otoritas. Menurut Anies, sikap tersebut patut dijadikan contoh bagi parpol lain.

“Bahwa ini amanah yang dititipkan, ini bukan sebuah otoritas yang diperebutkan dan perasaan itu muncul. Karena saya merasakan betul bahwa tidak ada pola lobi-lobi satu sama lain, misalnya, tidak. Menurut saya, ini sebuah etika, sebuah adab berpolitik, yang harus dijaga dan bisa dijadikan contoh,” tuturnya.
Diketahui, PKS sebelumnya memperkenalkan tiga calon Wakil Gubernur DKI, yakni Ahmad Syaikhu, Agung Yulianto, dan Abdurrahman Suhaimi, ke sejumlah fraksi. []

SUMBER: TEROPONGSENAYAN   Islampos.