OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 31 Januari 2019

Jack Boyd Lapian, Siapa Dia?

Jack Boyd Lapian, Siapa Dia?

10Berita  JACK Boyd Lapian diketahui beberapa kali melaporkan sejumlah pihak ke polisi atas dugaan ujaran kebencian dan juga penyebaran berita bohong (hoaks)
Siapa sebenarnya Jack Boyd Lapian?
Jack mengaku sebagai relawan kubu Jokowi-KH Ma’ruf.
“Saya basic-nya pengusaha. Saya kalau di politik sifatnya relawan,” tutur Jack seperti dikutip dari Republika, Kamis (31/1/2019).

Jack menjelaskan, ia bersama Muannas Alaidid, Abu Janda, dan beberapa aktivis lain itu membentuk organisasi masyarakat yang dinamai Cyber Indonesia. Jack menjabat sebagai sekretaris jenderal di organisasi yang sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM itu.
Sebelumnya, pada 2012 dia adalah relawan Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta.
“Kebetulan memang spesialis saya di udara, di IT. Jadi waktu itu saya bergabung di (Jasmev) Jokowi-Ahok Social Media Volunteer. Saya relawan pyur, tidak dibayar, untuk memenangkan Jokowi-Basuki di Pilkada DKI 2012,” kata Jack.
Kemudian, di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, Jack kembali menjadi relawan di bidang medsos untuk pemenangan Jokowi-Jusuf Kalla. Dia menjadi relawan dalam Jokowi Advance Social Media Volunteer. Setelah itu, ia kembali menjadi relawan di Pilgub DKI 2017.

“Saya memutuskan untuk bicara dengan pendiri Jasmev, saya minta izin membuat organisasi relawan sendiri, akhirnya saya buat namanya BTP Network. Sebagai pendiri dan itu resmi. Terdaftar. Jadi semua organisasi relawan yang tadi saya sampaikan itu terdaftar di KPU,” tutur Jack.
di Pilpres 2019, Jack juga mendirikan sebuah organisasi bernama Gerakan/Cyber Pancasila.Menurut Jack, organisasi tersebut juga sudah terdaftar di Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-KH Ma’ruf. []
SUMBER: REPUBLIKA