Keungan yang stabil|koinworks.com
10Berita, Di zaman yang modern dan serba ada ini, pola hidup sebagian masyarakat Indonesia masih belum memperhatikan bagaimana mengendalikan pengeluaran keuangan, yang mengakibatkan pengeluaran keuangan membengkak tidak seimbang dengan pemasukannya, kalau keuangan anda ingin stabil ikuti tips berikut ini.
Dalam mengendalikan keungan kita, kita perlu melihat masyarakat Jepang dalam mengelola keungannya, bahwa yang menjadi prinsip bagi masyarakat Jepang dalam keuangan yaitu mereka bersikap hemat. Berikut ini beberapa sikap hemat masyarakat Jepang yang perlu kita contoh:
Pertama, ruang keluarga cukup diisi dengan meja dan kursi.
Ruang keluarga di isi meja dan kursi|stillcon sidering.wordpress.com
Ruang yang lega merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh orang Jepang dari gaya hidup modern yang ingin mereka terapkan. Hal ini terlihat bila kita masuk ke dalam rumah orang Jepang, anda cuma melihat meja dan kursi.
Karena menurut mereka, dengan minimnya barang-barang yang dimiliki, hal tersebut bisa menghemat waktu mereka untuk bersih-bersih. Masyarakat Jepang sangat ketat soal waktu, maka hal ini penting bagi mereka.
Kedua, pakaian secukupnya untuk kerja dan sehari-hari
Pakaian kerja dan aktivitas sehari hari|urbanloka.com

Masyarakat Jepang sudah terbiasa memiliki jumlah pakaian yang secukupnya. Sungguh bertolak belakang dengan kebanyakan orang Indonesia yang mudah tergoda dengan diskon yang selalu tersebar di mall-mall.
Mungkin masyarakat kita kalau memakai pakaian itu-itu saja, pasti sudah menjadi bahan omomgan, disini sangat jelas perbedaan gaya hidup kita dengan orang Jepang, mereka cukup punya pakaian untuk kerja dan aktivitas sehari-hari.
Ketiga, peralatan mandi sekadarnya. Prinsip masyarakat Jepang adalah minimalis dan sederhana, intinya apakah barang ini perlu atau apakah butuh barang itu? pertanyaan-pertanyaan seperti itu yang membuat orang-orang Jepang punya sedikit barang.
Semisal masih bisa menaruh sikat gigi di pinggiran wastafel, mengapa perlu membeli kotak sikat gigi yang biasanya kita beli bukan karena butuh tapi karena bentuk dan modelnya yang lucu, Maka kita bisa melihat sendiri bahwa orang Jepang hanya membeli sedikit barang yang esensial, itulah sebabnya mereka punya lebih banyak uang untuk ditabung, seperti yang dikutip dari finance.detik.com (16/12/2018),
Tips di atas tentunya dijadikan inspirasi bagi kita untuk bersikap yang hemat demi memiliki keungan yang stabil, tidak memiliki hutang yang cukup banyak, dengan mengamalkan tips tadi, kemungkinan kita bisa menabungkan uang kita guna untuk kebutuhan yang lebih esensial.
Sumber: https://finance.detik.com/perencanaan-keuangan/d-4342900/meniru-cara-hemat-ala-orang-jepang-2