OPINI

ARTIKEL

KHASANAH

MOZAIK

NASIONAL

INTERNATIONAL

.

.

Kamis, 31 Januari 2019

Jangan Mencela Hujan

Jangan Mencela Hujan


Oleh: Hijrah Assalam

10Berita, KETIKA anda berencana melakukan suatu hal diluar rumah, seperti bertemu dengan kolega, atau membeli sesuatu, atau bahkan konsultasi dengan dosen dengan segala persiapannya, namun tiba-tiba hujan datang. Membuat semua rencana anda terhambat, apa yang anda lakukan?
Sering kali kita akan mencela hujan itu, dengan berkata “Ah kenapa hujan?” “Yah, kenapa harus sekarang” atau ucapan lainnya. Tapi sudah benarkah perkataan kita dalam menyikapi datangnya hujan?
BACA JUGA: Terpercik Keberkahan Hujan
Apakah benar harus kita berkeluh kesah atau mencelanya? Atau adakah tuntunan dalam islam untuk menyikapi datangnya hujan? Mari kita bahas.
• Hujan adalah rahmat
Allah Ta’ala berfirman,
وَهُوَ الَّذِي يُنَزِّلُ الْغَيْثَ مِنْ بَعْدِ مَا قَنَطُوا وَيَنْشُرُ رَحْمَتَهُ وَهُوَ الْوَلِيُّ الْحَمِيدُ
“Dan Dialah Yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan Dialah Yang Maha Pelindung lagi Maha Terpuji.” (QS. Asy Syuura: 28). Yang dimaksudkan dengan rahmat di sini adalah hujan.
• Hujan adalah alat untuk bersuci
Allah Ta’ala berfirman,
إِذْ يُغَشِّيكُمُ النُّعَاسَ أَمَنَةً مِّنْهُ وَيُنَزِّلُ عَلَيْكُم مِّن السَّمَاء مَاء لِّيُطَهِّرَكُم بِهِ وَيُذْهِبَ عَنكُمْ رِجْزَ الشَّيْطَانِ وَلِيَرْبِطَ عَلَى قُلُوبِكُمْ وَيُثَبِّتَ بِهِ الأَقْدَامَ
“(Ingatlah), ketika Allah menjadikan kamu mengantuk sebagai suatu penenteraman daripada-Nya, dan Allah menurunkan kepadamu hujan dari langit untuk mensucikan kamu dengan hujan itu dan menghilangkan dari kamu gangguan-gangguan syaitan dan untuk menguatkan hatimu dan memperteguh dengannya telapak kaki(mu).” (QS. Al Anfal: 11)
• Hujan adalah cara Allah memberikan rezeki bagi makhlukNya
Allah SWT berfiman :
وَاللّهُ أَنزَلَ مِنَ الْسَّمَاء مَاء فَأَحْيَا بِهِ الأَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَةً لِّقَوْمٍ يَسْمَعُونَ
“Dan Allah menurunkan dari langit air (hujan) dan dengan air itu dihidupkan-Nya bumi sesudah matinya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang mendengarkan (pelajaran). ” (QS. An Nahl: 65)
Dalam menyikapi datangnya hujan, ada beberapa amalan yang dianjurkan, yaitu:
• Berdoa ketika turun hujan
Dari Ummul Mukminin, ’Aisyah radhiyallahu ’anha,
إِنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً
“Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, ”Allahumma shoyyiban nafi’an” [Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat]”. (HR. Bukhari no. 1032)
Ibnu Baththol mengatakan, ”Hadits ini berisi anjuran untuk berdo’a ketika turun hujan agar kebaikan dan keberkahan semakin bertambah, begitu pula semakin banyak kemanfaatan.” (Syarh Al Bukhari, Ibnu Baththol, 5: 18, Asy Syamilah)
BACA JUGA: Berguru pada Hujan
• Waktu Mustajab dalam berdoa
Seperti yang disampaikan Rasulullah :
Dari Sahl bin Sa’d, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,
ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِوَ تَحْتَ المَطَرِ
“Dua do’a yang tidak akan ditolak: [1] do’a ketika adzan dan [2] do’a ketika ketika turunnya hujan.” (HR. Al Hakim dan Al Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan. Lihat Shohihul Jaami’ no. 3078).
Dari kedua amalan diatas, sudah jelas tidak tepat bagi kita untuk berkeluh kesah lagi ketika turun hujan, karena hakikatnya hujan adalah rahmat yang Allah berikan kepada kita semua. Semoga kita semua diberi taufiq untuk bias melaksanakan dan mendapatnkan rahmatNya. Aamiin.[]

Sumber : Islampos