Referensi pihak ketiga
Akhir-akhir ini rasanya kesehatan menjadi sesuatu yang sangat berharga terlebih bagi mereka yang saat ini sedang terserang penyakit, maka mereka pun akan melakukan berbagai macam cara, termasuk mengeluarkan biaya yang tak sedikit demi kesembuhan dari penyakitnya itu.
Memang ada berbagai macam cara untuk dapat menjaga kesehatan, dan yang paling digemari saat ini adalah dengan cara instan, seperti halnya mengkonsumsi berbagai macam suplemen kesehatan sintetis kimia buatan pabrik yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan seseorang, padahal yang seperti itu tidak menutup kemungkinan dalam waktu panjang justru akan merusak kesehatan.

Referensi pihak ketiga
Lalu sebenarnya bagaimanakah menjaga kesehatan yang baik itu?
Sebagai seorang Muslim kita telah memiliki sebaik-baik suri tauladan yaitu beliau Rasulullah Saw, tak terkecuali dalam hal menjaga kesehatan, dimana Rasulullah mempunyai cara agar tubuh tetap sehat yang sekaligus dapat kita praktekkan
1. Berpuasa
Cara pertama adalah dengan berpuasa, dimana Rasulullah sendiri sangat sering melakukan berpuasa, karena dengan berpuasa selain dapat meningkatkan kualitas rohani seseorang ternyata juga dapat menjadi obat dari berbagai macam penyakit, seperti; tekanan darah tinggi, kelebihan kolesterol, gangguan pencernaan, mencegah kanker, lemak berlebih, dan menstabilkan metabolisme tubuh.
2. Menyedikitkan makan
Dalam hal ini tentu kita sudah sangat sadar bahwa dengan semakin banyak, dan beraneka macam makanan yang masuk kedalam tubuh maka cepat ataupun lambat akan mempengaruhi kesehatan tubuh itu sendiri.
Maka menjadi hal lumrah jika kemudian Rasulullah memerintahkan kepada umatnya agar tentang pola makan, agar “makan di saat lapar, berhenti sebelum kenyang.
3. Menjaga kebersihan
Rasulullah juga senantiasa menjaga kebersihan, mulai dari anggota badan, tempat tinggal, dan lingkungan sekitar.
Rasulullah melakukan hal itu bukan tanpa alasan, Rasulullah sangat tahu bahwa kebersihan itu sangat erat hubungannya dengan kesehatan.
4. Rutin menggosok gigi
Kita tentu sudah sangat sering mendengar, membaca, ataupun melihat berbagai anjuran agar menjaga kesehatan gigi dengan menggosok gigi.
Namun ternyata hal itu juga telah dilakukan Rasulullah dimana semasa hidup Rasulullah selalu menggosokkan siwak pada giginya yang berfungsi membersihkan kuman-kuman yang menempel pada gigi.
5. Menjauhi marah
Jika kamu suka marah-marah, maka mulai saat ini belajarlah untuk lebih sabar, karena marah-marah ternyata sangat berhubungan dengan penyakit jantung, dan darah tinggi.
Bukankah Rasulullah juga telah mengajarkan kepada umatnya agar memiliki sifat penyabar yang secara tidak langsung dapat terhindar dari berbagai penyakit.
6. Sholat dengan gerakan yang benar
Referensi pihak ketiga
Sudahkah kita melaksanakan sholat secara tertib, dan benar?
Sudah banyak berbagai kajian ilmiah yang menyatakan bahwa di dalam gerakan sholat akan memberikan sebuah dampak yang luar biasa bagi kesehatan tubuh, tentunya jika gerakan sholat tersebut dilakukan dengan benar.
7. Silaturrahim
Kita hidup di dunia ini akan saling bergantung dengan orang lain, ada kalanya kita butuh orang lain, dan ada kalanya pula orang lai. yang butuh kita, rasanya hal itu tidak dapat terpisahkan.
Maka selalu jalinlah hubungan baik kepada siapapun, karena menurut penelitian seseorang yang memiliki hubungan sosial yang baik, maka akan lebih kecil berpeluang terkena penyakit.
8. Olahraga
Referensi pihak ketiga
Setelah melakukan berbagai macam aktivitas, maka luangkanlah waktu sejenak untuk berolahraga agar tubuh tetap dalam kondisi sehat.
9. Waktu istirahat yang cukup
Boleh-boleh saja melakukan berbagai aktivitas, namun juga jangan lupa untuk beristirahat.
Rasulullah adalah seseorang yang rajin beribadah, dan melakukan berbagai aktivitas lainnya, namun ia juga tak lupa untuk mengistirahatkan tubuh, karena dengan seperti itu kebutuhan tubuh pun juga akan seimbang sehingga kesehatan akan didapatkan.
Semoga kita termasuk seseorang yang peduli akan kesehatan, sehingga kita juga dapat melakukan apa yang pernah dilakukan oleh Rasulullah Saw dalam menjaga kesehatan.
Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.
Sumber: islamidia.com/sehat-tak-perlu-mahal-tiru-kebiasaan-nabi-muhammad-ini/