https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSU-o1JfScLRnvRQmST6iYN073xIB57GM9Yr9v9T3LwouF3DlxoGA
10Berita  Indonesia akhirnya resmi memiliki 51 persen saham freeport. Publik memuji semua usaha yang telah pemerintah lakukan. Akhirnya indonesia benar-benar berdaulat atas kekayaan alamnya sendiri.
Tapi apakah masyarakat tahu bahwa danau toba berperan sangat banyak atas pembelian saham Freeport melalui PT Inalum.
Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Siguragura menggunakan sumber air dari Danau Toba untuk membangkitkan listrik. Hal ini dilakukan untuk memenuhi pasokan listrik PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau dikenal Inalum.
Kunci rantai produksi Inalum itu air Danau Toba untuk menggerakkan turbin listrik PLTA Sigura-Gura dan PLTA Tangga. Seluruh energi listrik yang digunakan untuk peleburan aluminium di Kualatanjung berasal dari pembangkit itu.
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ1_y7qf6NEJUz0mqs3mtF5yUZdXBQ4zZXXu_fM6mIRVOWUjY1hdw
Sekadar informasi, air danau toba dibutuhkan untuk menggerakkan turbin Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Siguragura berkapasitas 203 MW dan PLTA Tangga dengan besaran 223 MW, di mana aliran listriknya digunakan untuk menunjang operasional perusahaan.
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQvTXKPXK06LBwidB6-jk7gsCSQZwOZsqSodiU3mn9wxfnh2kmb
Sesuai prosedur, perusahaan harus menjaga permukaan air danau Toba di angka 902,4 meter hingga 904 meter di atas permukaan laut (dpl). Namun, sepanjang tahun ini, permukaan air danau Toba selalu berada di kisaran 903 dpl.
“Di dalam prosedur internal kami, kalau sudah menyentuh angka 903 meter dpl tentu harus mengurangi tungku operasi. Ini yang sudah kami lakukan sejak Inalum masih berstatus Penanaman Modal Asing (PMA). Saat ini saja, permukaannya turun di bawah 903 meter dpl,” papar Sekretaris Perusahaan Inalum Ricky Gunawan.
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ-phYFRj3Ohs62k0bJfA-dHVh7uMDDP8E9v0IAa5j0mtk8SmoJ
Dari fakta tersebut dapat kita ambil kesimpulan sejak berdirinya inalum. Air danau toba berperan sangat besar dalam pelaksanaan produksi Inalum. makin cinta rasanya dengan Danau Toba, Bukan hanya keindahan yang dimilikinya ternyata airnya mampu memberi peran bagi pembelian saham PT freeport.
Sumber diambil dari cnnindonesia.com (Air Danau Toba Ditargetkan Angkat Produksi Inalum 7,3 Persen, 7 November 2017).
Sumber : UC News